Masyarakat Bengkulu Diminta Waspadai Banjir Susulan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu meminta masyarakat di sejumlah wilayah rawan banjir untuk waspada banjir susulan.

Kepala BPBD Kota Bengkulu Selupati di Bengkulu, Kamis (21/9), menyebutkan sejumlah daerah terendam banjir sejak siang Rabu (20/9) akibat hujan dengan intensitas tinggi seharian.

“Potensi banjir susulan ini di daerah yang berada di pinggir Sungai Muara Bangkahulu, sebab hujan tidak mengguyur Kota Bengkulu saja tetapi juga Kabupaten Bengkulu Tengah yang notabene hulu sungai, akan ada kiriman debit air yang cukup besar,” kata dia.

Menurut Selupati, ada lima daerah rawan yang berada di sepanjang aliran Sungai Muara Bangkahulu, yakni Kelurahan Rawa Makmur, Rawa Makmur Permai, Tanjung Jaya, Tanjung Agung dan Semarang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah mendata ada ratusan rumah warga Kota Bengkulu yang terendam banjir sejak sore Rabu 20/9.

Sejumlah daerah yang terendam banjir yakni, di Pagar Dewa, Betungan, Lingkar Barat, Bumi Ayu, Sawah Lebar, Rawa Makmur, Tanjung Agung, Tanjung Jaya, Rawa Makmur dan Rawa Makmur Permai.

“Ketinggian banjir rata-rata sekitar satu meter, kita sudah upayakan ungsikan warga ke tempat aman,” kata dia.

Untuk membantu warga BPBD menyiapkan satu perahu karet beserta sejumlah petugas agar warga bisa segera diungsikan ke tempat yang tidak terendam banjir.

Untuk sementara warga disarankan agar tetap berada di daerah yang aman dari banjir, dan tidak memaksakan diri untuk tetap menempati rumah yang terkena musibah banjir.

“Utamakan keselamatan jiwa dan yang dianggap paling penting seperti dokumen, atau semacamnya,” ujar Kepala BPBD Kota Bengkulu itu.

69total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *