Mahasiswa Manfaatkan Asam Jawa Demi Membuat Gigi Putih

Memiliki gigi yang putih bersih diyakini mampu meningkatkan kepercayaan diri. Sering mengonsumsi kafein seperti teh atau kopi kerapkali membuat gigi menjadi kuning.

Namun, sekelompok mahasiswa dari Yogyakarta ini memanfaatkan biji asam jawa untuk memutihkan gigi secara alami.

Mereka antara lain Nurzahra Sekar Ningrum, Rizky Septiano, Natalia Kristanti, Muzzammal Alfath, dan Qushayvi. Kelimanya tercatat sebagai mahasiswa di Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Kebanyakan pemutih gigi mengandung bahan kimia yang jika digunakan tidak tepat akan menimbulkan berbagai efek samping,” kata Ningrum seperti dilansir dari laman UGM, Sabtu (15/7/2017).

Selain menggunakan asam jawa, jelas Ningrum, ia juga menggunakan cuka apel dan ekstrak lemon untuk menghilangkan pewarnaan pada gigi.

“Kandungan asam malat serta asam sitrat dari ketiga bahan itu memiliki mekanisme tertentu untuk membuat gigi lebih putih,” imbuhnya.

Ketiga bahan tersebut, lanjut Ningrum, diekstrak dan diformulasikan dengan bahan gelatin guna melekatkan formula ke permukaan gigi. “Nantinya produk ini dibuat dalam bentuk sediaan gel,” terangnya.

Produk yang dinamakan HDM atau Herbal Dental Mask ini rencananya akan diproduksi massal apabila telah melakukan serangkaian ujicoba dan pengembangan penelitian.

“Kami berharap dapat mengembangkan penelitian ini sehingga jika memungkinkan dapat diproduksi secara massal,” pungkasnya.

159total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *