Mahasiswa Butuh Pekerjaan Realtime? Tinggal Klik Ini

Setiap mahasiswa pasti punya cerita saat menantikan waktu kiriman uang bulanan dari orang tua mereka.

Entah itu untuk bayar kos, semesteran, tugas kuliah, atau bahkan bayar utang.

Demi memenuhi kebutuhan tersebut, pekerjaan serabutan apapun diambil, tentunya yang tidak mengganggu jadwal kuliah.

Susahnya mencari pekerjaan harian ini juga dialami tiga pendiri aplikasi Gawe.

Ketiganya melakukan inovasi secara teknologi, bagaimana mengatasi hal tersebut.

Berbekal kesulitan tersebut, dicari solusinya dengan pembuatan aplikasi yang mempertemukan kebutuhan antara pengusaha kecil dan menengah soal kebutuhan tenaga kerja harian, dengan orang yang membutuhkan pekerjaan sementara.

Kurniawan Aryanto Co-founder Gawe mengungkapkan, saat ini banyak bermunculan aplikasi tentang pekerjaan, tapi sayangnya belum ada yang bisa menghadirkan kebutuhan mengenai pegawai sementara (temporary employee) secara real time.

Yang ada sekarang adalah aplikasi yang dibatasi dengan kategori pekerjaan tertentu, dan tidak real time.

Sementara dengan berkembangnya usaha online saat ini, sangat dibutuhkan ketersediaan pegawai temporer yang bisa dikontak dengan cepat.
Misalnya saat pengusaha membutuhkan tenaga kerja, pegawai temporernya bisa langsung datang dan bekerja.

Aplikasi ini menurut Kurniawan, membantu banyak orang untuk mendapatkan penghasilan, sehingga bisa menghidupi banyak kalangan.

Sebab, kata dia, bisa dilakukan semua orang tanpa keahlian khusus, tanpa modal dan cepat mendapatkan pekerjaan.

“Di sisi pengusaha kecil menengah, ketersediaan pekerja temporer atau harian bisa meringankan biaya beban perusahaan dari sisi sumber daya manusia, karena tidak semua pekerjaan membutuhkan tenaga permanen,” ungkap Kurniawan.

Sedangkan untuk tenaga kerja, dengan adanya banyak pemutusan hubungan kerja akhir-akhir ini, aplikasi pekerjaan sangat dibutuhkan, terutama yang bersifat sementara atau harian.

“Karena bisa menopang kehidupan sehari-hari, saat sedang menunggu untuk mendapatkan kembali pekerjaan yang bersifat permanen,” papar Kurniawan.

Elroy Hafidi Hardoyo CEO Gawe mengungkapkan, salah satu temannya yang mempunyai bisnis franchise makanan, memiliki kendala saat stafnya tiba-tiba absen dan sakit.

Dia memerlukan karyawan pengganti seketika, tetapi kesulitan mencari orang, sementara beberapa mahasiswa pelanggan rumah makan tersebut banyak yang mengirimkan pesan singkat untuk menanyakan pekerjaan part time.

“Dari sinilah kami punya ide membuat aplikasi ini”, kata Elroy.

Elroy menambahkan, yang mereka sasar untuk saat ini sebagai pekerja adalah mahasiswa karena banyak yang ingin bekerja sambilan.

“Kami ingin mendukung banyak mahasiswa menyelesaikan kuliahnya tanpa takut terkendala biaya, dan ini bisa menjadi pengalaman mereka untuk masuk di dunia kerja atau pun mengasah kemampuan mereka untuk menjadi pengusaha,” ucapnya.

109total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *