Lautan Manusia Bak Pelangi Hiasi Masjidil Haram Usai Puncak Haji

Puncak haji sudah usai. Hari ini, Rabu (6/9/2017), jemaah Indonesia secara bertahap mulai diberangkatkan pulang ke Tanah Air, termasuk beberapa jemaah haji dari negara lain.

Namun, ada pemandangan menarik usai puncak haji. Di Masjidil Haram, Mekah Almukarromah tepatnya di sekitar Baitullah Kabah, mendadak menjadi lautan warna seperti pelangi mengitari kiblat umat Islam tersebut.

Lautan jemaah haji dari seluruh dunia tersebut melaksanakan tawaf ifadah, tawaf usai melaksanakan puncak ibadah haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina atau Armina. Ada juga jemaah yang melaksanakan tawaf wada, tawaf perpisahan karena akan kembali ke negaranya masing-masing.

Warna-warni seperti pelangi ini berasal dari payung jemaah haji yang melaksanakan tawaf. Mereka ada yang membawa payung berwarna merah, kuning, hijau, ungu dan lainnya. Suasana itu bak pelangi yang sedap dipandang mata.

Payung menjadi salah satu pilihan utama jemaah haji untuk mengurangi cuaca panas dari teriknya mata hari di waktu siang. Cuaca di Mekah, Arab Saudi saat siang hari bisa mencapai 52 derajat.

169total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *