Larang Menteri Berkampanye, Langkah Jokowi Dinilai Tepat

Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang melarang menteri berkampanye sebagai langkah yang tepat.

Pasalnya, Pangi melihat kecenderungan yang selalu terjadi jelang kontestasi Pemilu, yakni soal banyaknya menteri –yang berasal dari partai politik– yang selalu disibukkan dengan agenda politik jelang Pemilu.

Menurut Pangi, Jokowi tengah berupaya menjaga agar para menteri tetap berfokus pada pengelolaan kinerja pemerintah. Jokowi, menurut Pangi coba memastikan agar kepentingan politik tak membuat kepentingan rakyat terbengkalai.

“Menteri-menteri pun sudah diarahkan. Apa yang disampaikan Jokowi kemarin. Jangan sampai merugikan pemerintah dengan kebijakan-kebijakan yang melukai hati rakyat, kebijakan yang tidak dikomunikasikan dengan baik yang bisa merugikan citra pemerintah” kata Pangi ketika dihubungi Okezone, Sabtu (9/9/2017).

Menurut Pangi, menjadi penting bagi Jokowi sebagai incumbent untuk menjaga kinerja pemerintah. Kinerja pemerintah, dikatakan Pangi sangat penting bagi langkah Jokowi pada Pemilu 2019.

“Sehingga pada prinsipnya itu ujungnya adalah pertumbuhan elektoral. Bagaimana elektabilitas Jokowi semakin kinclong dan itu sangat ditentukan oleh kinerja pembantunya, yaitu para menteri,” kata Pangi.

174total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *