Kuasa Hukum Bongkar ‘Misteri’ Buku Hitam Setya Novanto

Kuasa hukum Setya Novanto (Setnov), Maqdir Ismail membeberkan isi buku warna hitam yang selalu dibawa kliennya saat menghadiri sidang perkara‎ dugaan korupsi e-KTP.

Kata Maqdir, isi dalam buku hitam yang selalu dibawa terdakwa perkara korupsi e-KTP tersebut hanyalah berisi catatan-catatan sejumlah keterangan saksi yang diperiksa dalam persidangannya.

“Yang saya tahu, isinya adalah catatan-catan beliau atas keterangan saksi dalam persidangan,” kata Maqdir saat dikonfirmasi Okezone, Sabtu (10/2/2018).

Saat dikonfirmasi lebih lanjut terkait adanya nama sejumlah politikus besar dalam buku hitam Setnov, Maqdir enggan menjawab.

Sebelumnya, Setnov sendiri tidak membantah adanya nama aktor besar selain dirinya di kasus yang diduga merugikan negara hingga Rp2,3 triliun ini. Namun, Setnov masih merahasiakan nama besar itu.

“Nanti saja. Pokoknya rahasialah,” singkat Setnov saat dikonfirmasi aktor besar di perkara orupsi e-KTP, di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis, 1 Februaru 2018.

Setnov memang sedang berupaya untuk mendapatkan status Justice Collaborator (JC) dari KPK. Salah satu persyaratan untuk mendapatkan JC tersebut, Setnov harus mampu mengungkap keterlibatan pihak lain yang lebih besar di kasus ini.

Selain itu, Setnov haruslah bukan pelaku utama jika ingin mendapatkan JC di perkara dugaan korupsi proyek e-KTP.‎ Namun, hingga ini belum ada nama besar yang dibeberkan Setnov untuk mendapatkan JC itu.

Sejauh ini, KPK masih mempertimbangkan permohonan JC yang diajukan oleh Setnov. ‎KPK masih menunggu perkembangan yang signifikan dari Setnov untuk mendapatkan status JC.

Setnov pasrah apapun keputusan yang diambil KPK terkait permohonan JC-nya. Mantan Ketua DPR RI tersebut mengaku menyerahkan hasil permohonan JC itu kepada pimpinan KPK.

 

84total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *