Krisis Rohingya, Wasekjen GP Ansor: Harus Cari Akar Masalahnya!

Konflik kemanusiaan yang masih terjadi di negara bagian Rakhine, Myanmar terus mendapat perhatian dari kalangan masyarakat di tanah air.

Wasekjen Gerakan Pemuda (GP) Ansor Mahmud Syaltout menilai bahwa yang harus dilakukan untuk mengakhiri konflik tersebut adalah dengan mencari akar masalahnya.

“Ini harus dicari dulu akar masalahnya dimana, baru kalau sudah ketemu akar masalahnya, dicari solusinya,” ujarnya saat berkunjung ke Kantor Redaksi Okezone, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (8/9/2017).

Ia juga mengungkapkan bahwa pengurus Ansor telah membuat kajian dan mencari solusi mengatasi ketegangan yang terjadi di Rakhine. Dan dari data yang diperoleh, disimpulkan kekerasan itu mengarah pada konflik geo politik.

“Rakhine merupakan satu sub zona sendiri. Cadangan minyaknya besar. Adanya keberadaan pipa minyak dan blok-blok minyak dan gas di sana,” katanya.

Konflik kekerasan yang dialami etnis Rohingya di negara bagian Rakhine, Myanmar kembali terjadi sejak akhir Agustus lalu. Setidaknya 100 ribu lebih masyarakat etnis tersebut terpaksa menyelamatkan diri ke Bangladesh dan 400 orang tewas akibat serangan dari junta militer Myanmar.

155total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *