KPM di Bengkulu Utara Berkurang 2.000 Keluarga

Keluarga penerima manfaat (KPM) tahun 2018, di Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu, berkurang dari 2.000 keluarga dari semula 22.000 keluarga kini menjadi 20.000 keluarga.

“Total penerima KPM di Bengkulu Utara, setelah kita verifikasi di lapangan berkurang 2.000 keluarga dari semula 22.000 keluarga. KPM sebanyak ini tersebar di 15 kecamatan di Bengkulu Utara,” kata Kepala Dinsos Bengkulu Utara, Suharto Handayani, di Bengkulu, Senin (15/1).

Ia mengatakan, setiap KPM akan mendapat bantuan beras kualitas medium dari Kementerian Sosial (Kemsos) sebanyak 10 kg per bulan secara gratis alias tidak membayar uang tebus beras, seperti raskin selama ini.

“Jadi, beras sebanyak 10 kg/bulan ini benar-benar murni diberikan kepada KPM di Bengkulu Utara. Sesuai jadwal penyaluran beras untuk KPM pada 2018 pada bulan Maret mendatang,” ujarnya.

Karena itu, jika ada KPM menerima beras harus membayar kepada oknum tertentu agar segera dilaporkan ke Dinsos Bengkulu Utara. Sebab, beras yang diberikan kepada KPM gratis atau tidak dikenakan uang tebus.

Untuk itu, dia minta masyarakat memantau penyaluran beras kepada KPM di daerah ini. Bila ada bukti oknum aparat desa dan kelurahan uang tebus beras kepada KPM agar dilaporkan ke Dinsos Bengkulu Utara.

“Jika terbukti ada oknum menarik uang tebus beras dari KPM akan kita usut sesuai hukum yang berlaku. KPM tidak dibebankan membayar uang tebus beras sejahtera,” ujarnya.

Suharto menambahkan penyaluran beras sejahtera (Rastra) 2018, ditangani langsung oleh Kemsos. Sedangkan Dinsos daerah hanya memantau pelaksanaan penyaluran bahan pangan tersebut di lapangan.

Para KPM selain mendapat bantuan beras juga akan menerima bantuan sosial (bansos) gas dari pemerintah. Sebab, gas subsidi ke depan akan dihapus. Bansos gas akan disalurkan langsung pemerintah melalui rekening ke masing-masing KPM, dan uang tersebut bisa dibelanja di e-warung.

“Jadi, mulai tahun 2018 ini, semua jenis bansos untuk masyarakat kurang mampu, sepetti beras, gas, pendidikan, kesehatan, dan bantuan lainnya, akan disalurkan ke rekening milik KPM. Hal ini dilakukan agar bantuan sosial tetap sasaran dan tidak terjadi pemotongan,” ujarnya.

115total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *