KPK Siap Sidangkan Setya Novanto Setiap Hari

Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) menyatakan siap mengikuti perintah Pengadilan Tipikor Jakarta supaya Jaksa dapat menyidangkan perkara Setya Novanto tiap hari pada pekan depan.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengungkapkan, pihaknya sejak awal telah siap dengan bukti-bukti dimiliki. Sehingga tak ada keraguan dalam menjalani proses yang diminta oleh Pengadilan terhadap perkara e-KTP.

“Terkait dengan sidang yg akan dilakukan setiap hari KPK tentu siap ya, dan JPU KPK juga sudah menyiapkan bukti dengan sangat rinci yang nanti siap akan dihadirkan di persidangan,” kata Febri di Jakarta, Rabu, 7 Maret 2018.

Adapun ihwal status justice collaborator yang diajukan Novanto, dikatakan Febri, pihaknya masih mengkajinya sampai saat ini. Setiap keterangan Setya Novanto, baik dalam persidangan, maupun di penyidikan tersangka e-KTP lainnya, menjadi bagian dasar pihaknya apakah akan merekomendasikan status JC bagi mantan Ketua DPR RI tersebut atau tidak.

“Keputusannya nanti dapat disampaikan pada tanggal 22 Maret 2018, kalau tuntutan jadi dibacakan pada saat itu, karena ini tahapan yang standar saya kira kalau mengacu surat edaran MA,” kata Febri.

Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta memerintahkan agar persidangan Setya Novonato mulai pekan depan akan digelar tiap harinya. Mengingat jumlah saksi yang banyak, tapi masa penahanan Novanto dalam masa proses hukum sudah tidak lama lagi.

60total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *