KPK Dalami Suap di PT Garuda Indonesia

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengusut kasus dugaan suap pembelian pesawat Airbus dan mesin pesawat Rolls-Royce di PT Garuda Indonesia. Saat ini, tim penyidik sedang mendalami kontrak jasa konsultasi dalam pengadaan tersebut.

“Penyidik mendalami kontrak jasa konsultasi terkait pengadaan pesawat dan mesin pesawat,” kata Jubir KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (14/12).

Diketahui, KPK telah menetapkan pendiri PT Mugi Rekso Abadi (MRA) yang juga beneficial owner Connaught International Pte. Ltd, Soetikno Soedarjo dan mantan Dirut PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar sebagai tersangka dalam kasus ini.

Connaught International milik Soetikno yang beroperasi di Singapura merupakan konsultan bisnis penjualan pesawat dan mesin pesawat di Indonesia. Selain mendalami kontrak, KPK juga mendalami komisi terkait pengadaan pesawat ini.

“Penyidik juga mendalami informasi pembayaran komisi‎,” katanya.

Untuk mendalami kedua hal tersebut, tim penyidik memeriksa Sallyawati Rahardja, anak buah Soetikno, Kamis (14/12). Nama

Sally yang disebut sebagai tangan kanan Soetikno dalam hal keuangan ini tak tercantum dalam jadwal pemeriksaan yang biasanya dirilis Biro Humas KPK.

“Tambahan pemeriksaan terhadap saksi Sallyawati di kasus Garuda,” katanya.

104total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *