Kota Bandung Kosong Kepemimpinan Saat Pilkada 2018

Kursi kepemimpinan di lingkungan Pemerintah Kota Bandung, diprediksi akan kosong pada 2018, di saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah, atau Pilkada.

Sebab, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil akan maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jabar 2018. Sedangkan Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial dan Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto akan maju Pilwalkot Bandung 2018.

Menyikapi hal tersebut, Ridwan Kamil menanggapi santai akan adanya kekosongan kursi kepemimpinan. “Itu kan hak politik Individu. Negara ini sudah punya sistemnya,” ujarnya di Bandung Jawa Barat, Senin 10 Juli 2017.

Dia mencontohkan, saat Pilkada DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, atau Ahok dan Djarot sama-sama maju, sementara digantikan oleh Dirjen Otda dari Kemendagri menjadi Plt di Pemprov DKI Jakarta.

“Kalau Wali Kotanya enggak ada, diganti wakil. Kalau enggak ada, diganti Sekda. Kalau ketiga-tiganya enggak ada, maka Wali Kota digantikan Plt dari Provinsi (Jawa Barat),” katanya.

Pria yang akrab disapa Emil ini memastikan, proyek pembangunan di sisa akhir jabatan tidak akan molor, meski ketiganya cuti saat masa Pilkada.

“Enggak (khawatir), kami kan sudah membangun sistem. Saya kalau iya (daftar ke KPU), cuti itu kan 13 Februari sampai 27 Juni,” katanya.

Tahapan Pilkada Jawa Barat 2018 akan dimulai pada Agustus 2017, dengan agenda menyiapkan regulasi teknis, sosialisasi, menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Pada September 2017, KPU bertugas membentuk Badan Penyelenggara Pemilu hingga tingkat kelurahan. Pada Oktober 2017, berlanjut pada pemutakhiran data Pilkada. Pada Desember 2017, penyerahan daftar dukungan.

Sedangkan di Januari 2018, dimulainya pendaftaran pasangan calon. Pada Februari 2018, penetapan pasangan calon. Sedangkan di Maret sampai dengan Juni 2018, di antaranya, penetapan pasangan calon, kampanye, dan pengadaan logistik. Sedangkan di 27 Juni 2018, pemungutan suara.

164total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *