Ketua DPR Pengganti Setya Novanto Harus Bersih dari Jejak Korupsi

Partai Golkar harus menyiapkan nama pengganti Setya Novanto (Setnov) di kursi Ketua DPR RI. Saat ini orang nomor satu di parlemen diisi oleh Fadli Zon sebagai pelaksana tugas (Plt).

Pengamat politik, Ray Rangkuti menegaskan, Golkar harus mencari sosok calon Ketua DPR RI yang bebas dari isu dan kasus korupsi. Mengingat, Setnov saat menjabat Ketua DPR tersandung dalam kasus korupsi E-KTP.

“Tidak memiliki rekam jejak pernah dipidana dalam kasus yang bersifat amoral, khususnya korupsi. Tidak sedang atau potensial akan dipersoalkan secara hukum, khususnya berkaitan dengan tindak pidana korupsi,” kata Ray kepada Okezone, Jakarta, Jumat (5/1/2018).

Ray menekankan, pernyataan tersebut harus dianggap serius, mengingat,  jabatan pimpinan DPR bukanlah jabatan biasa, dan juga strategis. Pergantian Ketua DPR RI sendiri merupakan wewenang fraksi dan Partai Golkar. Pasalnya, Setnov merupakan kader Partai Golkar.

Ray juga menyatakan sosok pengganti Setnov harus pihak di luar dari anggota Pansus Hak Angket KPK. Kemudian, lanjut Ray, sosok Ketua DPR juga harus memiliki pandangan dan sikap yang sepenuhnya mendukung upaya pemberantasan korupsi, salah satunya dengan tidak mendukung pelemahan KPK dengan  berbagai cara dan versinya.

“Memiliki kemampuan mendengar dan memiliki kelapangan hati dalam menerima kritik,” ucap Ray.

Setya Novanto didakwa secara bersama-sama melakukan perbuatan tindak pidana korupsi yang mengakibatkan ‎kerugian negara sekira Rp2,3 triliun dalam proyek pengadaan E-KTP, tahun anggaran 2011-2013.

269total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *