Kemenhub Tawarkan Proyek LRT dari BSD ke Bandara Soekarno-Hatta ke Calon Investor

Selain Light Rail Transit (LRT) yang saat ini digarap di Jabodebek, proyek serupa juga akan dikembangkan ke kawasan Bumi Serpong Damai (BSD) dengan membuka penawaran jalur baru LRT dari BSD ke Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, banyaknya penumpang pesawat dari kawasan sekitar BSD ke Bandara Soetta menjadi alasan dibukanya jalur baru LRT.

“Kita butuh mengurangi indensiti kemacetan yang ada di Soetta. Kalau dibiarkan dengan kendaraan yang tradisional seperti sekarang suatu waktu kita bisa 3 jam ke sana,” ungkap Budi Karya di Jakarta, Senin (15/1/2018).

Budi meyebutkan secepatnya pembangunan LRT BSD-Soetta akan segera direalisasikan dan sudah mulai ditawarkan ke investor mulai dari Arab, Korea, hingga Cina.

“Banyak yang mau invest ditawarkan ke Arab,  saya juga ketemu dengan investor dari Korea, Cina juga tertarik,” tutur Budi Karya.

Sementara itu Budi menyebutkan program yang perkiraanya membutuhkan dana sekitar Rp 20 Triliun tersebut, pemerintah akan memberikan peluang kepada pihak swasta sebagai operator.

“Kalau saya pikir kita serahkan pada swasta saja bahwsannya nanti kita akan subsidi ya kalau ada selisih tarif saja,” pungkas Budi Karya.

79total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *