Kemenhub Realisasikan Mudik Natal Gratis Pertama Kalinya, tapi Sepi Peminat

Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan PT Jasa Raharja menggelar mudik gratis Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Gelaran mudik gratis ini menjadi yang pertama kalinya untuk Natal dan Tahun Baru, pasalnya mudik gratis biasa diselenggarakan pada waktu Lebaran.

Mudik gratis ini disediakan bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) dengan tujuan Semarang, Jogjakarta dan Solo. “Kegiatan ini diawali dari hasil diskusi kita waktu di kementerian. Kita ingin ada keseimbangan kalau Lebaran ada mudik gratis, kenapa Natal Tahun Baru tidak kita adakan saja? Kita coba tahun ini ,” ujar Direktur Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi dalam sambutannya memberangkatkan bus mudik gratis di Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (23/12/3017).

Dari target 50 bus yang direncanakan namun hanya 18 bus yang diberangkatkan. Hal ini diakui Budi memang tak sesuai harapan, pasalnya publikasi kepada masyarakat pun dinilai dia masih kurang.

“Publikasi hanya 15 sampai 20 hari, ini memang persiapannya singkat. Juga karena baru pertama kali. Tahun depan kita tingkatkan lagi. Memang ada kekurangan bagi kita untuk menyampaikan ke masyarakat,” akunya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Direktur Angkutan dan Multimoda Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana menyebut, bahwa peserta mudik gratis mencapai 506 dari kuota yang disiapkan 2.500 peserta.

“Kuota 2500 peserta dengan disiapkan 50 bisa bus. Pendaftaran dilakukan secara online, yang berhasil 506 peserta dengan dioperasikannya 18 bis untuk mudik gratis,” jelasnya.

 

Dengan pemilihan tiga kota tujuan, yakni Solo, Jogja, dan Semarang dikatakan Cucu karena melihat persiapan mudik sebelum-sebelumnya yang pernah ada menjadi destinasi favorit masyarakat.

“Pengalaman dari tahun-tahun mudik gratis tiga kota itu jadi daerah yang favorit bagi masyarakat. Tahun depan kita akan perluas hingga ke Surabaya lebih jauh ke daerah Jawa sana,” jelasnya.

60total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *