Kemasan Sosialisasi 4 Pilar Harus Menarik Kalangan Muda

Sekretariat Jenderal Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar pertemuan dengan stakeholder media (para redaktur senior, koordinator liputan) yang dikemas dalam “media expert meeting” di Hotel Jayakarta, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (2/12).

Kepala Biro Humas Setjen MPR Siti menjelaskan, pertemuan ini untuk mendapatkan masukan dan evaluasi menyangkut kehumasan terkait pemberitaan mengenai Sosialisasi Empat Pilar MPR.

Juga bagaimana bagaimana pemberitaan mengenai kegiatan-kegiatan MPRtetap berjalan baik jelang dan saat tahun politik 2018 dan 2019 mendatang.

“Komunikasi dengan stakeholder media ini sangat penting. Karena itu MPRsebagai sebuah lembaga negara perlu terus menjalin komunikasi dengan stakeholder media khususnya berkaitan dengan Sosialisasi Empat PilarMPR,” kata Siti Fauziah di depan sebanyak 39 wartawan media cetak, online, dan elektronik (radio dan televisi).

Kegiatan ini juga dihadiri Kabag Pemberitaan dan Layanan Informasi dan Hubungan Antar Lembaga Muhammad Jaya, dan Kasubag Pemberitaan dan Layanan Informasi Budi Muliawan, serta Kabag Pengawasan Rharas E. Palupi.

Menghadapi tahun politik 2018 dan 2019, kata Siti Fauziah, lembaga MPRperlu mendapat masukan dan koreksi tentang Sosialisasi Empat Pilar MPR.

“Kami mohon masukannya menghadapi tahun politik itu supaya Sosialisasi Empat Pilar MPR dan keberadaan MPR tetap terjaga,” katanya.

Kepala Bagian Pemberitaan, Layanan Informasi dan Hubungan Antar Lembaga Muhammad Jaya juga berharap dengan pertemuan ini media bisa melakukan sharing bersama dengan MPR.

“Sharing untuk mendapatkan masukan dalam hal dukungan media untuk pemberitaan MPR apalagi menghadapi tahun 2018 dan 2019 sebagai tahun politik,” ujarnya.

Para stakeholder di bidang media diharapkan bisa memberi masukan strategi komunikasi yang harus dilakukan humas MPR agar tetap berada dalam koridor sesuai visi MPR sebagai rumah kebangsaan dan program Sosialisasi Empat Pilar MPR bisa efektif dan tepat sasaran.

Satu per satu wartawan yang hadir dimintai pendapatnya. Secara umum, mereka berpendapat mengenai perlunya mengemas Sosialisasi Empat Pilardengan cara yang lebih menarik bagi kalangan muda alias kids jaman now.

Beberapa masukan di antaranya mendorong pemanfaatan media sosial seperti pembuatan vlog untuk youtube atau instagram sehingga menarik perhatian generasi milenial, melibatkan komedian (stand up comedy), sosialisasi menyesuaikan dengan isu-isu nasional, sosialisasi di daerah konflik dan daerah terpencil.

Masukan lainnya adalah pemberitaan Empat Pilar MPR dikemas lebih menarik seperti dilengkapi dengan info grafis, membuat komik, animasi film kartun, dan lomba penulisan Empat Pilar MPR yang diikuti generasi milenial.

Siti Fauziah mengatakan, sebagian dari masukan yang disampaikan jurnalis sudah dan sedang dilakukan MPR.

“Saat ini sedang digarap komik untuk anak-anak PAUD dan SD. Mudah-mudahan tahun depan selesai,” ujarnya.

111total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *