Kasus Novel “Mangkrak”, Dahnil Anzar: TGPF Bisa Ungkap Kebenaran yang Lebih Objektif!

Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak menekankan pentingnya pembentukan Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus penyerangan terhadap Novel Baswedan. TGPF bisa membantu mengungkap kebenaran secara lebih objektif atas kasus penyiraman air keras terhadap penyidik senior KPK itu.

“Tentu melalui TGPF, publik akan mendapat kebenaran yang lebih obyektif. Karena kasus-kasus yang melibatkan orang-orang high profile banyak yang tidak terungkap kebenarannya ke publik,” kata Dahnil kepada¬†Okezone, Senin (6/11/2017).

Ia menilai, pernyataan Komisioner Kompolnas Poengky Indarti yang tak menyarankan pembentukan tim independen ini adalah sesuatu yang aneh. Menurut Dahnil, tidak ada kasus yang diduga melibatkan orang penting di kepolisian yang tuntas.

“Pendapat Kompolnas agak lucu. Kalau enggak efektif, kita bisa temukan dalam fakta empiris mana kasus high profile yang diuga melibatkan kepolisian yang tuntas? Kecuali ada TGPF, bisa membantu pengungkapan fakta,” katanya.

Ia juga menganggap, penyidikan kasus Novel yang berlarut-larut bukan karena kendala teknis, seperti yang dinyatakan Mabes Polri. Tetapi lebih karena faktor non teknis berupa kepentingan politik.

“Masyarakat sipil banyak yang punya pemahaman proses penyidikan dan masyarakat sipil punya banyak data dan fakta, tetapi yang tidak kita punya adalah kepercayaan terhadap kepolisian. Oleh sebab itu bukan alasan teknis, lebih karena faktor non teknis, faktor politik. Itulah sebabnya kita butuh TGPF,” kata Dahnil.

90total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *