Kapal Perang AS Belok Mendadak hingga Tertabrak Kapal Tanker di Singapura

Biro Keselamatan Transportasi Kementerian Perhubungan Singapura (TSIB-MOT) menyatakan bahwa tabrakan yang terjadi antara kapal perang Amerika Serikat (AS) dengan kapal tanker beberapa waktu lalu adalan akibat manuver dadakan dari armada milik Negeri Paman Sam. Insiden itu menewaskan 10 orang pelaut AS.

Sebagaimana diberitakan, kapal USS John McCain bertabrakan pada Senin 21 Agustus dini hari waktu setempat dengan kapal tanker minyak Alnic MC (AM). Kapal milik Armada Pasifik Angkatan Laut AS itu mengalami kerusakan di bagian kiri belakang.

“Tabrakan terjadi ketika kedua kapal itu berlayar di Selat Singapura. Kapal perang itu berbelok ke kiri secara mendadak hingga bersinggungan dengan jalur AM karena ada serangkaian keselahan setelah kontrol baling-baling dialihkan,” bunyi pernyataan TSIB, dinukil dari Channel News Asia, Jumat (9/3/2018).

“Tim penyidik mencatat bahwa AL AS dan operator kapal AM telah mengambil langkah keamanan positif guna mencegah terulangnya insiden serupa,” imbuh juru bicara TSIB.

Lembaga tersebut menambahkan, Angkatan Laut AS yang berbasis di Pasifik sedang mengenalkan kembali manuver-manuver kapal ketika melaut. Para kru yang akan berlayar juga diharuskan mengikuti kursus Manajemen Sumber Daya Jembatan.

Perusahaan Stealth Maritime SA, operator kapal AM, juga sudah melakukan peninjauan ulang terhadap Sistem Manajemen Keselamatan mereka. Hal itu dilakukan guna memastikan kelengkapan prasyarat untuk keselamatan navigasi dan Manajemen Sumber Daya Jembatan dipatuhi.

“Penyelidikan keselamatan dilakukan sesuai protokol yang dicanangkan Organisasi Maritim Internasional (IMO). Perwakilan dari Administrasi Liberia dan Coast Guard AS yang mewakili Badan Keselamatan Transportasi Nasional, berpartisipasi dalam mengumpulkan bukti-bukti yang diperlukan,” tutup pernyataan TSIB.

Kapal perang USS John McCain diketahui mengangkut 93 orang perwira, 24 orang perwira menengah, dan 291 orang pelaut. Mereka bertolak dari pangkalan Armada Pasifik AL AS di Jepang menuju Singapura guna pengecekan rutin pelabuhan.

57total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *