JR Saragih Layangkan Gugatan terhadap KPU ke Bawaslu

Bakal calon gubernur Sumatera Utara, Jopinus Ramli Saragih melayangkan gugatan terhadap KPU Sumut yang menggugurkan syarat pencalonannya. Alasan KPU Sumut tak meloloskan JR Saragih karena legalisasi fotokopi ijazah.

Tim kuasa hukum JR Saragih melayangkan gugatan tersebut dan diterima oleh pihak Bawaslu Sumut, Rabu 14 Februari 2018. Jony Silitonga selaku kuasa hukum JR Saragih menjelaskan gugatan terhadap KPU Sumut dilakukan karena seluruh persyaratan dinilai sudah memenuhi persyaratan.

Dia juga menegaskan, dokumen pendidikan yang dilampirkan dalam berkas pendaftaran sebagai cagub Sumut tak ada persoalan.

“Menurut kami, kami memenuhi syarat karena ketika pendaftaran telah menyerahkan ijazah STTB SD, SMP, dan SMA, kemudian ijazah S1, S2, dan S3. Berdasarkan UU 10 Tahun 2016 maka ijazah terakhir yang harus digunakan,” kata Jony kepada wartawan di Kantor Bawaslu, di Medan.

Dalam gugatan tersebut, pihak tim kuasa hukum JR Saragih menyampaikan sejumlah dokumen. Syarat dokumen ini termasuk surat keterangan dari kepala Dinas DKI Jakarta yang menyatakan tidak ada masalah dengan legalisir ijazah JR Saragih.

Menurutnya, hal itu sekaligus membantah berkas pendidikan milik JR Saragih yang tidak memenuhi syarat. Ada kabar tidak sahnya ini karena muncul surat dari sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

“Catatan kami, ketika KPU menyatakan kami tidak memenuhi syarat karena surat sekretaris dinas, itu bertentangan. Surat kepala dinas tidak ada masalah dan tidak dibantah oleh surat sekretaris dinas,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan mengatakan akan segera memproses seluruh pengaduan yang disampaikan oleh tim kuasa hukum JR Saragih. Ia menjelaskan, pihaknya memiliki tiga hari untuk melakukan penelitian berkas pengaduan.

“Kemudian tiga hari berikutnya diberikan kesempatan kepada para penggugat untuk melengkapi berkas gugatan, kemudian masa penyelesaian sengketa selama 12 hari,” tutur Syafrida.

Sebelumnya, KPU Sumut menggagalkan pencalonan JR Saragih-Ance Selian pada Pilgub Sumut. KPU mendapati permasalahan pada legalisasi fotokopi ijazah SMA JR Saragih.

Meski JR Saragih memegang surat yang ditandatangani kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang mengabsahkan ijazahnya.

Namun, KPU Sumut mendapat surat yang ditandatangani sekretaris Dinas Pendidikan DKI Jakarta yang menyatakan mereka tidak pernah melakukan legalisasi terhadap fotokopi itu.

253total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *