Jokowi Tetap Berdiri Tegak Meski Digoyang Berbagai Isu

Berbagai isu yang menghantam pemerintah tak menyurutkan dukungan masyarakat terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu terungkap dalam hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) rilisan September 2017.

Direktur Eksekutif SMRC, Djayadi Hanan yang dihubungi Okezone, Sabtu, 6 Oktober 2017 menjelaskan, hasil survei yang tahapannya berakhir pada 10 September 2017 lalu ini menunjukkan hasil bahwa berbagai isu seperti kebangkitan PKI, isu impor senjata oleh Polri –yang kemudian memicu polemik antara Polri dan TNI– hingga berbagai isu lain yang menerpa pemerintah tak memengaruhi elektabilitas Jokowi.

“Kalau kita lihat dari hasil survei ini, pengaruhnya tak terlihat,” kata Djayadi.

Menurut Djayadi, tren keterpilihan Jokowi telah dimulai sejak Januari 2017, dimana sejak saat itu dukungan terhadap Jokowi terus meningkat hingga saat ini. Bahkan, peningkatan elektabilitas Jokowi turut mendongkrak elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai partai utama pengusung Jokowi.

Hasil survei, dikatakan Djayadi menunjukkan adanya paralelilitas antara capaian elektabilitas yang diraih Jokowi dengan elektabilitas PDIP. Djayadi menjelaskan, pada Oktober 2016 hingga Januari 2017, elektabilitas terhadap Jokowi cenderung turun, sebelum mengalami peningkatan terus menerus hingga September 2017.

“Misalnya pada periode Oktober 2016 sampai Januari 2017, itu ada kecenderungan menurun itu dukungan terhadap Presiden Jokowi, dan itu kemudian diikuti oleh turunnya dukungan terhadap PDIP,” kata Djayadi.

“Lalu sejak Januari 2017 sampai dengan Mei, kemudian sekarang September 2017, itu ada peningkatan dukungan terhadap Presiden Jokowi yang juga diikuti oleh meningkatnya dukungan terhadap PDIP,” katanya.

122total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *