Jokowi Terima Kunjungan Kenegaraan Presiden Niger

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini akan menerima kunjungan kenegaraan Presiden Republik Niger Mahamadou Issoufou di Istana Merdeka, Jakarta.

Kunjungan Presiden Issoufou adalah yang pertama bagi pemimpin Niger sejak dibukanya hubungan diplomatik Indonesia-Niger, pada tahun 2011.

Rencananya, selain membahas langkah-langkah konkret memberantas terorisme, pengembangan sektor pertanian, dan pembangunan sumber daya manusia (SDM), Presiden Jokowi dan Presiden Issoufou juga akan membicarakan tentang keinginan Indonesia menjalin kerja sama sinergis dengan Masyarakat Ekonomi Negara-negara Afrika Barat (Economic Community of West African States/ECOWAS). Niger adalah basis ECOWAS.

Presiden Jokowi pada berbagai kesempatan menyatakan tekadnya untuk membuka jalur perdagangan nontradisional di wilayah Afrika.

Pada tahun ini, interaksi Indonesia dengan negara-negara Afrika cukup tinggi, baik berupa peningkatan hubungan diplomatik maupun ekonomi. Afrika memiliki potensi ekonomi cukup tinggi dengan pertumbuhan ekonomi rata-rata 5-7 persen.

Sementara itu, hubungan dagang Indonesia-Niger berkisar US$ 9,79 juta per tahun, yang didominasi minyak sawit mentah (crude palm oil /CPO).

127total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *