Jokowi ke Bursa Efek Indonesia Disambut Merahnya IHSG

Menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), biasanya pasar menyambut positif dengan ditandai menghijaunya laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Namun, IHSG justru terjun di zona merah, berbanding terbalik dengan perdagangan kemarin yang terus mencetak posisi rekor.

Momentum kedatangan Jokowi kali ini pun nampaknya tak berhasil mendorong menanjaknya IHSG ke zona positif. Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, IHSG yang berada di zona negatif karena sebuah alasan.

“Ini sebenarnya enggak ditentukan oleh kedatangan Jokowi ya, karena kan pasar lebih melihat pergerakan IHSG itu sendiri apalagi kemarin IHSG sudah menyentuh level tertinggi terbarunya. Jadi apa yang ada di pikiran pelaku pasar itu adalah setiap kali ada kenaikan tertinggi terbarunya, IHSG biasanya akan melemah,” jelasnya ketika dihubungi¬†Okezone¬†di Jakarta, Selasa (4/7/2017).

Persepsi tersebut pun terbukti ketika perdagangan awal hari ini IHSG bertengger di zona merah. Meski kedatangan presiden sebelumnya selalu direspons positif dengan laju indeks yang positif. Hanya saja momentum kali ini agaknya berbeda.

“Karena pelaku pasar selalu punya kekhawatiran ketika IHSG sudah menyentuh level tertinggi terbarunya. Nah itu yang artinya kita bisa katakan bahwa kedatangan Jokowi hari ini nggak akan banyak pengaruh ke pergerakan IHSG,” lanjutnya.

Sementara, jika kedatangan Jokowi sebelumnya selalu membuat IHSG positif, dia mengatakan hal itu dipengaruhi oleh pergerakan IHSG yang saat itu belum menyentuh level tertinggi terbarunya.

“Sehingga dengan adanya kedatangan Pak Jokowi, IHSG baru bergerak naik. Kalau ini kan kondisinya terbalik, IHSG udah naik dulu, Jokowi baru dateng. Kalau dulu kan sebelum naik kemudian Pak Jokowi datang sehingga itu memberikan dorongan positif,” tambahnya.

175total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *