JK Sarankan Jokowi Sedikit Nakal di Kancah Global

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) mengatakan bahwa dia pernah menyarankan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bersikap sedikit keras terkait kebijakan dunia internasional, sehingga Indonesia mendapatkan porsi pemberitaan yang besar oleh media internasional.

“Saya bilang ke Jokowi kita mesti keras sedikit supaya kelihatan nakal,” kata JK saat memberikan pidato mengenai peradaban di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (4/10).

Menurut JK, berdasarkan pengalamannya ketika berkunjung ke luar negeri, Indonesia selalu mendapatkan porsi pemberitaan yang sedikit dibandingkan negara lain seperti Tiongkok. Oleh karena itu, ia menyimpulkan bahwa porsi pemberitaan tergantung pada kekayaan negara tersebut atau sikapnya yang keras menentang sejumlah kebijakan internasional.

“Pengalaman saya kalau keluar negeri, baik Presidennya SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), Jokowi, mungkin ke Amerika Serikat hanya berita kecil di New York Times, kenapa begitu? Di dunia ini, hanya ada dua negara yang diperhitungkan, jika negara kaya atau negara nakal. Kita tidak kaya dan tidak nakal juga,” ujarnya.

Ia mencontohkan Presiden Tiongkok Xi Jinping yang langsung diwawancarai oleh CNN ketika berkunjung ke Amerika Serikat (AS). Untuk itu, ia menyarankan kepada Jokowi untuk sedikit nakal sehingga mendapatkan porsi pemberitaan yang baik di media internasional. Sebagaimana, Presiden RI pertama, Soekarno yang selalu menjadi perhatian dunia karena sikap tegas dan terobosannya.

Namun, selain menyarankan untuk sedikit lebih keras, JK juga menegaskan bahwa pemerintah harus bekerja guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi sehingga Indonesia menjadi negara yang maju dan mampu bersaing dengan negara yang punya pengaruh besar dalam ekonomi dunia seperti Tiongkok.

“Buat negara ini kaya, makmur, bertumbuh dan tentu berpengaruh. Indonesia harus tangan di atas, bukan tangan di bawah. Hampir semua masih berpikir tangan di bawah,” tegasnya.

201total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *