Jika Poros Ketiga Muncul di Pilpres 2019, PDIP: Kami Siap!

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) beserta parpol koalisi pendukung Joko Widodo (Jokowi) lainnya siap menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Salah satu hal yang dimugkinkan muncul pada pesta demokrasi itu yakni lahirnya poros ketiga.

Poros ketiga mengacu pada kemungkinan munculnya penantang dua poros ‘lawas’ di perebutan kursi orang nomor satu Indonesia, yakni Jokowi dan Prabowo. Poros ketiga bakal menantang keduanya di Pilpres 2019.

Ketua DPP PDIP, Andreas Hugo Pareira tidak menampik kemungkinan munculnya poros ketiga. Namun, ia menegaskan siap menghadapi kemungkinan itu. “Bisa saja ada, prinsipnya PDI Perjuangan siap dengan segala situasi,” kata Andreas kepada Okezone, Kamis (12/4/2018).

Kendati terbuka dengan berbagai kemungkinan, Andreas justru melihat kecilnya kemungkinan lahirnya poros ketiga. Pasalnya dia menilai, poros kedua alias ‘poros Prabowo’ belum tampak gaungnya untuk melawan Jokowi di 2019.

“Bagaimana mau poros tengah, sekarang poros kedua saja belum jelas kelihatan,” ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan waktu pendaftaran calon presiden akan dimulai pada 4-10 Agustus 2018.

Hingga saat ini, PDIP, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Hanura, PKB, PPP dan Perindo sudah menyatakan dukungan kepada Jokowi. Sedangkan Gerindra yang bersekutu dengan PKS selalu mendorong Prabowo untuk maju di Pilpres.

Dua partai lainnya, PAN dan Partai Demokrat belum menyatakan dukungan. Kedua parpol ini bisa membentuk poros ketiga, jika tak berkoalisi ke Jokowi dan Prabowo.

Namun begitu, bila hanya Demokrat dan PAN saja, maka itu tak memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden (presidential threshold), yakni 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara nasional.

Diketahui, Partai Demokrat memiliki 61 kursi di DPR, sedangkan PAN memiliki 49 kursi. Jika dijumlahkan, maka Demokrat dan PAN hanya memiliki sebanyak 110 kursi DPR. Sedangkan syarat presidential threshold adalah 112 kursi DPR.

4total visits,4visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *