Jawab Perkembangan Zaman, NU Mulai Rambah Aplikasi Digital

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) berupaya menjawab perkembangan zaman. Sebagai upaya memberikan pendidikan, salah satu ormas Islam itu merambah aplikasi digital.

Aplikasi memberikan beraneka ragam layanan pendidikan literasi digital untuk generasi muda dan masyarakat Indonesia. Aplikasi ini dibuat sebagai bentuk dedikasi menjaga PBNU, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan Undang-Undang 1945.

“Ini merupakan salah satu bentuk dedikasi PBNU karena kedepannya masyarakat dan generasi millenial sudah lebih melek literasi digital,” tutur Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Minggu (19/11/2017).

Kemajuan peradaban era digital telah menjadi bagian gaya hidup masa kini, era digital telah menjangkau semua layanan, telekomunikasi dan transaksi. PBNU mengambil peran dalam revolusi digital.

Tidak hanya Aplikasi Mobile NU, PBNU juga meluncurkan Televisi NU Channel, Data Center, Arab Pegon dan Mobil Halal Investigasi. Para pengguna dapat melakukan pembayaran dan melihat informasi apapun.

“Hadirnya platform ini untuk menyaring informasi yang lebih positif dan tentang Islam nusantara, Islam culture dan Islam keberagaman,” ujarnya.

Adapun masing-masing digital memiliki perbedaan fungsi, seperti Mobile NU memghadirkan kanal NU dengan memberi solusi bagi masyarakat dalam satu aplikasi.

Selanjutnya pada NU Channel menghadirkan kanal siar yang berfungsi untuk mengedukasi masyarakat dengan konten positif untuk kemajuan negara.

Lalu, Digitilisasi Arab Pegon yang akan dirilis bersama Mircrosoft untuk memudahkan para santri-santri belajar kitab kuning secara modern.

Pada Mobile Halal Investigasi menampilkan fitur proses laboratorium halal untuk memudahkan pengguna mengetahui kehalalan suatu barang secara akurat dan terjangkau. Sementara, pada Data Center dibuat untuk mewujudkan kedaulatan Data dan Informasi bagi Indonesia.

28total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *