Jasad PNS Korban Longsor Brebes ‘Muncul’ di Bibir Tebing

Dua korban tanah longsor di Desa Pasir Panjang Kecamatan Salem Kabupaten Brebes berhasil ditemukan. Jasad kedua korban bernama Sujono (58 tahun) dan Rustam Rusyadi (47 tahun).

Menurut Kepala Basarnas Jawa Tengah, Noer Isrodin Muchlisin, kedua korban ditemukan selama dua hari berturut-turut pada Jumat-Sabtu, 1-2 Maret 2018.

Rustam ditemukan di Sektor III pencarian tim SAR yang telah ditutup sejak Rabu, 28 Februari 2018 lalu. Jasad Rustam berada di Kedung Lengsir di aliran Sungai Pangurudan, Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem.

“Jasad korban ditemukan oleh warga setempat pasca ditutupnya secara resmi operasi pencarian terhadap korban pada Rabu, 28 Februari kemarin, ” kata Noer, Minggu, 4 Maret 2018.

Sementara jasad Sujono, yang merupakan PNS di UPT Pariwisata Waduk Malahayu, ditemukan pada hari Jumat, 2 Maret 2018, di sekitar bibir tebing di daerah longsor di Pasarpanjang. Wilayah ini sebelumnya juga menjadi titik pencarian tim SAR yang tak jauh dari jalan.

Ikut menjadi korban, Sujono diperkirakan hilang saat berangkat kerja dan terkena longsor ketika melintas menggunakan sepeda motor di jalan provinsi.

Kabar penemuan jasad korban oleh warga, lanjut Noer, membuat tim Basarnas kembali diterjunkan untuk mengevakuasi jasad korban di lokasi.  Hingga kini operasi korban masih terus dilanjutkan.

“Seperti yang kami katakan saat penutupan, bahwa Basarnas siap terjun kembali ke lokasi longsor bila ada indikasi lokasi terbaru keberadaan para korban, ” katanya.

Selain untuk membantu pencarian, pengiriman tim Basarnas ke lokasi juga untuk memastikan rasa aman dan keselamatan bagi warga yang melakukan pencarian. Hal itu mengingat sulitnya medan di tempat kejadian.

Dengan ditemukannya kedua korban tersebut, maka untuk jumlah total korban yang meninggal bejumlah 14 orang,  korban selamat 18 orang dan yang belum diketemukan sebanyak 4 orang.

Empat korban yang masih hilang adalah Marsui, warga Desa Ciputih, Suwirso dan Haryanto, warga Desa Pasir Panjang dan Wahyu, warga Salem.

58total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *