Kang Dedi Siapkan Lingkar Timur Purwakarta Sebagai Jalur Alternatif‎ Mudik

0

alur arteri dan nasional yang ada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, masih menjadi andalan sebagai jalur favorit di musim mudik dan balik lebaran. Kendati saat ini telah ada infrastruktur baru di wilayah tersebut, yakni jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Sebagian besar jalur di wilayah ini menjadi jalur mudik utama untuk pengalihan arus, maupun bagi pengendara roda dua.

Adapun jalur mudik di Purwakarta yang masih jadi primadona itu, antara lain jalur Cikopo-Pantura via Simpang Jomin. Kemudian, Jalur Cikopo-Sadang via Bungursari, Sadang-Subang via Cibatu (jalur tengah). Lalu, jalur Sadang-Purwakarta menuju Wanayasa-Subang-Cikamurang (Jalur Selatan).

Kondisi tersebut, sontak saja membuat seluruh institusi di wilayah itu harus menyibukan diri untuk membantu kelancaran saat musim mudik tiba, tak terkecuali jajaran pemkab setempat. Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi pun telah melakukan beberapa persiapan. Sebut saja salah satunya, menyiapkan jalur alternatif, serta membuat posko untuk tempat istirahat (Rest area) bagi pemudik.

“Untuk rest area, kita sudah siapkan kantor-kantor pemerintahan (kecamatan dan desa) sebagai lokasinya,” ujar Dedi saat dihubungi Okezone melalui sambungan telefon, Kamis (15/6/2017).

Selain itu, terang Dedi, pihaknya pun telah menyiapkan jalur alternatif yang bisa digunakan untuk mudik. Salah satunya, jalur Lingkar Timur yang baru selesai dibangun. “Jalur ini, bisa digunakan sebagai jalur alternatif lain saat mudik lebaran nanti,” jelas dia.

Adapun jalur lingkar timur tersebut, terbentang dari mulai Kecamatan Bungursari-Campaka sampai Cibatu.‎ Jadi, para pemudik terutama yang menggunakan sepeda motor, dari Cikopo bisa menuju jalur tengah (Sadang-Subang) dengan menggunakan jalur ini.

“Masuk dari Cikopo, nanti mereka tinggal keluar di wilayah Kecamatan Campaka atau Cibatu dan meneruskan perjalanan menuju Subang melalui jalur tengah,” tambah dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purwakarta, Saepudin menambahkan, pihaknya telah menyiapkan berbagai upaya untuk kelancaran mudik ini. Salah satunya, menambah rambu-rambu di beberapa titik, terutama di jalur alternatif.

“Kita sudah siapkan rambu lalu lintas dan pentunjuk arah di beberapa lokasi,” ujar dia.

Dia pun mengakui, bahwa sampai saat ini ada beberapa jalur yang masih menjadi favorit para pemudik. Salah satunya, Jalur Tengah (Sadang-Subang). Untuk itu, pihaknya pun akan menyebar petugasnya di jalur-jalur tersebut. Terutama, di lokasi yang kerap jadi simpul kemacetan. Misalnya, di perempatan Sadang.

1912total visits,1visits today

Share.

About Author

Leave A Reply