IPW Beri Apresiasi Anggota Polri yang Ikut Pilkada 2018

Sejumlah jenderal polisi potensial saat ini terlihat sudah sibuk ambil ancang-ancang untuk mengikuti Pilkada serentak 2018, baik untuk gubernur, wali kota, maupun bupati. Sedikitnya ada delapan jenderal yang sudah melakukan pendekatan ke berbagai pihak untuk bisa masuk dalam bursa bakal calon. Namun, sejauh ini para jenderal polisi itu belum mendapatkan partai politik sebagai “kendaraannya” untuk melaju di Pilkada.

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane mengatakan, IPW memperkirakan pada akhir tahun 2017 ini para jenderal polisi ini baru mau terbuka untuk melaju di Pilkada serentak 2018, seiring sudah diraihnya “tiket” partai yang mengusung mereka. Sepertinya di akhir tahun 2017 ini juga akan ada beberapa jenderal polisi yang akan pensiun dini. Sebab, undang-undang mensyaratkan anggota polisi aktif harus pensiun dini jika ingin bertarung di Pilkada. Memang, tidak semua jenderal yang akan ikut di Pilkada serentak 2018 itu merupakan anggota polisi aktif. Sebagian di antaranya sudah pensiun.

Neta mengatakan, IPW memberi apresiasi pada anggota Polri yang hendak ikut bertarung di Pilkada. Hal ini perlu dilakukan karena membawa manfaat yang besar bagi institusi Polri. Setidaknya ada empat dampak positif bagi Polri jika anggotanya mengikuti pilkada. Pertama, Polri bisa mengukur tingkat kepercayaan publik terhadap institusi maupun anggotanya. Kedua, Polri bisa menilai sejauh mana konsep pembinaan dan pengkaderan kepemimpinannya bisa diserap anggotanya untuk kemudian diterapkan kepada masyarakat. Ketiga, dari ajang Pilkada, Polri bisa mengukur tingkat profesionalisme dan keberhasilan konsep polisi sipil yang dibangunnya sejak pisah dari TNI. Keempat, jika para perwira Polri terpilih dalam Pilkada dan tidak terlibat korupsi sepanjang masa jabatannya sebagai kepala daerah, publik akan melihat bahwa Polri benar-benar sudah berubah dan makin mudah bagi Polri untuk meningkatkan citranya di masyarakat.

Jadi, kata Neta, momentum Pilkada tidak hanya penting bagi figur-figur jenderal polisi yang ikut bertarung, tapi juga merupakan hal penting bagi institusi kepolisian. Namun, dari sejumlah Pilkada yang akan ikuti jenderal polisi, IPW menilai hingga saat ini baru ada satu daerah yang terlihat paling berpeluang besar untuk dimenangkan jenderal polisi.

Karena itu, tandas Neta, para jenderal polisi lainnya yang mengikuti Pilkada perlu bekerja lebih keras lagi untuk meraih simpati masyarakat agar bisa mendapatkan kepercayaan masyarakat dan memenangkan Pikada 2018.

38total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *