Ini Cara Situs Phishing Curi Data Akun Internet Banking

Ada banyak celah yang sering dimanfaatkan penjahat siber untuk mendapatkan informasi pribadi akun perbankan, salah satunya melalui email atau website phishing yang marak terjadi.

Praktisi keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya menyampaikan, email phishing biasanya dikirimkan oleh penjahat siber untuk mengarahkan korbannya ke website phishing yang telah dipersiapkan. Email tersebut dibuat seolah-olah berasal dari admin bank yang meminta untuk melakukan pembaharuan akun internet banking. Bila tidak dilakukan, ancamannya akun mereka akan dinonaktifkan.

Email tersebut juga berisi tautan yang harus di-klik untuk bisa melakukan pembaharuan akun. Alamat website yang harus di-klik juga dibuat sama seperti website resmi bank. Namun pada saat tautan tersebut di-klik bukan masuk ke situs resmi bank, melainkan “dibelokkan” ke situs palsu.

“Ketika tautan tersebut di-klik, korban akan diarahkan ke sebuahwebsite yang menyerupai website perbankan, padahal itu hanya website phishing. Mereka akan diminta untuk memasukkan data-data pribadi akun internet bankingnya, termasuk perubahan kata sandi,” kata Alfons kepada Beritasatu.com, di Jakarta, Senin (2/4).

Lantaran tampilan website phishing tersebut sangat menyerupai situs aslinya, Alfon menyampaikan banyak pengguna internet banking yang akhirnya tertipu. Apalagi kebanyakan mereka mengaksesnya melalui perangkat mobile, sehingga alamat situs tersebut tidak begitu jelas terlihat.

“Kebanyakan para korban tidak hati-hati membaca alamat situsnya dan hanya sekedar melihat tampilan situsnya saja. Tanpa sadar mereka dengan sukarela membagikan informasi akun internet banking mereka kepada orang lain,” tutur Alfons.

Agar tidak menjadi korban, Alfon berpesan agar tidak mudah mempercayai setiap email yang meminta untuk melakukan pembaharuan akun internet banking. Sebab bank tidak pernah meminta hal tersebut kepada pelanggannya melalui email.

“Tidak pernah ada bank atau institusi keuangan yang meminta customernya untuk memperbaharui akun internet banking dengan mengirimkan sebuah tautan lewat email. Kalau ada yang seperti itu, bisa dipastikan itu penipuan,” pesan Alfons.

68total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *