Ini Cara Ikutan Program Mudik Motor Gratis dengan Kereta Api

Untuk musim mudik tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan dua cara bagi masyarakat yang ingin mendaftar untuk program Mudik Motor Gratis masa lebaran 2018 dengan Kereta Api.

Pendaftaran pengiriman motor gratis itu bisa dilakukan secara online maupun manual pada stasiun-stasiun yang dipilih.

Sebelum mendaftar terlebih dulu siapkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM), Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli beserta fotokopi untuk yang mendaftar manual dan versi scan bagi yang akan mendaftar online.

Pastikan juga bagian motor anda mulai dari tidak dimodifikasi, harus ada penyangga standar dua, dilengkapi pegangan belakang, tangki mesin harus kosong, kaca spion dilepas, kunci motor diberikan kepada petugas dan cc motor maksimal 150 cc.

Lalu bagaimana cara mendaftarnya?

Melansir dari Kementerian Perhubungan, pendaftaran online bisa dilakukan dengan mengunjungi situs mudikgratis.dephub.go.id dengan mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan scan identitas.

Kemudian segeralah datangi stasiun api yang terpilih untuk melakukan verifikasi data dengan membawa bukti pendaftaran.

Petugas akan memberikan bukti verifikasi berupa kertas yang berisi barcode motor, barcode pemesanan tiket dan barcode pemudik.

Barcode pemudik merupakan tiket penumpang bagi pemilik motor. Ditjen KA akan memberikan kemudahan bagi pemilik motor yang mengikuti program tersebut.

Lalu pemudik menyerahkan kepada petugas bukti pembayaran dan pembelian tiket, barcode pemudik dan motor.

Sedangkan untuk yang mendaftar manual cukup membawa fotokopi identitas diri dan melakukan pendaftaran di stasiun terpilih.

Setelah pendaftaran tahapan yang dilakukan sama dengan yang dilakukan mereka yang mendaftar online.

Adapun 13 stasiun yang menyediakan layanan mudik motor gratis dengan kereta api adalah Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Stasiun Tangerang, Stasiun Depok Baru, Stasiun Bogor, Stasiun Serpong, Stasiun Tanjung Priok, Stasiun Cikarang, Stasiun Cimahi, Stasiun Bandung, dan Stasiun Kiaracondong.

Pendaftaran dibuka mulai dari tanggal 9 Februari 2018 hingga 24 Juni 2018, dengan masa Angkutan Motor Gratis Tahun 2018 selama 13 hari.

Arus mudik dilaksanakan selama 6 hari dimulai 8 Juni sampai 13 Juni 2018 dan untuk arus balik dilaksanakan selama 7 hari dimulai dari 19 Juni sampai 25 Juni 2018.

Di tahun keempat penyelenggaraan mudik motor gratis ini, Kemenhub baru menyediakan rute di Jawa saja.

40total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *