Ini Alasan Pasangan Rindu Unggul dari Kandidat Lainnya

Elektabilitas calon pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat nomor urut 1, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum dinilai lebih unggul dibandingkan dengan kandidat pasangan calon lainya. Pengamat Politik Universitas Padjadjaran Firman Manan mengungkapkan, salah satu alasan pasangan Rindu berada di posisi tertinggi sebab memiliki visi, misi dan program yang lebih spesifik.

“Tawaran visi misi program sejauh ini kan kalau kita lihat memang ada keunggulan dari pasangan Rindu, ada program-program yang spesifik memang ketika ditawarkan ke pemilih dibanding yang lain,” ujar Firman kepada wartawan, Rabu (30/5/2018).

Lanjut Firman, kenaikan elektabilitas pasangan Rindu dibantu relawan pendukung yang bergerak mengkampanyekan jagoannya. Meskipun mesin partai tidak terlalu efektif terjun kemasyarakat, tetapi relawan jauh lebih efektif bekerja. “Persoalanya hari ini kalau saya lihat sistem mesin partai tidak terlalu efektif ketika kemudian keliatnya relawan yang lebih jauh efektif,” urainya.

Selain itu, berkaca pada pilkada Jawa Barat tahun 2008 dan 2013, karakteristik pemilih Jawa Barat berorientasi pada sosok figur tertentu. Tingkat popularitas Ridwan Kamil menjadi variabel utama dibantu Uu yang membuat kenaikan elektabilitas pasangan tersebut berada di posisi teratas.

Sebagaimana diketahui, hasil survei Litbang Kompas pada 10-15 Mei 2018 menunjukkan keunggulan elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul mencapai 40,4 persen, sedangkan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi menguasai 39,1 persen responden pemilih, kemudian disusul elektabilitas Sudrajat dan Syaikhu mencapai 11,4 persen, sedangkan pasangan TB Hasanuddin dan Anton Charliyan 4,1 persen.

Survei dilakukan terhadap 800 responden minimal berusia 17 tahun yang dipilih secara acak dengan menggunakan metode pencuplikan proporsional bertingkat berdasarkan jumlah penduduk di setiap wilayah di Provinsi Jawa Barat. Nirpencuplikan penelitian atau margin of error dari penelitian ini sebesar +/- 3,46 persen.

5total visits,5visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *