Indonesia Jadi Satu-satunya Negara yang Diberikan Akses ke Rakhine

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah Indonesia telah berhasil mencapai akses ke wilayah konflik kemanusiaan rohingya di Rakhine, Myanmar. Menurut Jokowi, Indonesia adalah satu-satunya negara yang diberikan akses masuk ke Rakhine.

Jokowi mengatakan, pemerintah Indonesia telah menyalurkan berbagai macam bantuan ke wilayah Rakhine. Rencananya, pemerintah akan menyalurkan sejumlah bantuan lain dalam waktu dekat.

“Alhamdulilah hanya pemerintah Indonesia yang diberikan ruang untuk bisa masuk ke lokasi kejadian di Myanmar itu. Saya kira kita masih ingin mengirimkan bantuan lagi ke sana,” kata Presiden Jokowi, Rabu (13/9/2017).

Terkait upaya diplomasi, Jokowi menyatakan, pemerintah Indonesia akan terus mendorong pemerintah Myanmar untuk menghentikan berbagai bentuk kekerasan terhadap etnis rohingya sekaligus memulihkan kondisi sosial di wilayah konflik.

“Pemerintah sebetulnya sudah sejak awal meminta penjelasan yang konkrit dari pemerintah Myanmar terkait kondisi pengungsi dan pada bulan Januari-Februari yang lalu kita pun juga sudah mengirimkan bantuan kontainer, tidak hanya 1-2 kontainer kalau tidak salah ingat kurang lebih 10-an kontainer yang kita kirimkan baik berupa obat-obatan dan makanan,” kata Presiden.

“Karena ini memang berkaitan dengan sejarah politik yang ada di sana, dengan urusan ekonomi yang ada di sana, sebetulnya masalah yang sangat kompleks,” tambah Presiden.

70total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *