Hoaks Membangun ala Djoko Setiadi Picu Kontroversi

Presiden Joko Widodo melantik Djoko Setiadimenjadi kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Rabu (3/1). Salah satu tugas utama Joko adalah memerangi hoaks alias berita bohong.

Namun, beberapa saat setelah dilantik, Djoko mengeluarkan statemen yang mengundang kontroversi. Dia menyebut menyebarkan hoaks tidak apa-apa. Asalkan hoaks membangun.

”Tentu hoaks ini kita lihat, ada yang positif dan negatif. Saya imbau kepada kawan-kawan, putra-putri bangsa Indonesia ini, mari sebenarnya kalau hoaks itu hoaks membangun ya silakan saja,” kata Djoko.

Pernyataan kontroversial Joko itu menjadi perbincangan netizen. Bahkan menjadi trending topic.

Apakah berita bohong diperbolehkan asal tujuannya baik? Dan pernyataan itu diungkapkan Djoko ketika masih di Istana Negara, beberapa menit setelah dia dilantik pPresiden.

Djoko tidak banyak menjelaskan soal hoaks membangun. Dia lebih mengulas apa tugas dan rencananya ke depan.

Djoko menegaskan bahwa fungsi utama BSSN tetap pada persandian. Hanya saja, kini tugasnya ditambah dengan mengontrol dunia siber Indonesia.

Sebagai langkah awal, dia akan menata organisasi BSSN lebih dahulu. Saat ini, Undang-Undang yang mengatur tentang kewenangan BSSN sedang disusun.

Dia berharap, BSSN diberi kewenangan untuk menindak. ’’Kalau ada badan siber tapi tidak bisa menindak juga percuma,’’ lanjutnya.

Hal senada disampaikan Menkominfo Rudiantara. Dengan berdirinya BSSN, maka fungsi yang selama ini disandang Lemsaneg dan Kominfo bisa diteruskan. Salah satu direktorat di Ditjen Aptika akan melebur di BSSN.

Menurut dia, masing-masing pihak akan tetap punya kewenangan sendiri. Harus dibedakan antara antara kebijakan siber dengan konten siber.

’’Kalau konten, yang manage tetap kominfo, seperti manajemen akun di media sosial,’’ terangnya.

Namun, untuk kebijakan, bagaimana pemerintah maupun swasta membuat dirinya imun terhadap serangan siber, itu menjadi tugas BSSN.

63total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *