Hari Ini Tenggat Investigasi Kasus Bayi Debora Berakhir, Selanjutnya?

Komisi IX DPR memberi tenggat (batas waktu) selama 2×24 jam terhadap Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek untuk melakukan investigasi atas meninggalnya bayi berumur empat bulan, Tiara Deborah Simanjorang.

Ketua Komisi IX DPR, Dede Yusuf mengatakan, kesepakatan tersebut sudah diamini Menteri Nila ketika rapat kerja bersama pada Senin, 11 September 2017. Sehingga, hari ini merupakan batas waktu terakhir Menkes untuk melakukan investigasi tersebut.

“Menkes kemarin sudah (membahas kasus ini). Bahkan, press conference-nya dilakukan di Komisi IX. Kami berikan waktu 2×24 jam pada Menkes untuk investigasi kasus ini,” kata Dede Yusuf saat dikonfirmasi Okezone, Rabu (13/9/2017).

Namun, kata Dede, apabila Menteri Nila belum mampu memberikan hasil yang signifikan atas kasus tersebut, Komisi IX DPR akan memanggil seluruh pihak terkait untuk angkat bicara dalam satu forum.

“Jika ternyata tidak selesai, maka semua akan kami panggil ke DPR,” tegasnya.

Menurut Dede, pihak rumah sakit saat ini memang harus memiliki aturan serta standar operasional prosedur (SOP)‎ untuk melayani pasien dalam keadaan tertentu. Hal itu merujuk pada UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.

“Aturannya harus jelas, fungsi pengawasannya juga harus jelas, siapa yang mengawasi dan siapa yang melaporkan. Dan perlu ada PP serta Permenkes untuk mengejawantahkan UU 36,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Tiara Debora dibawa orangtuanya ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres pada 3 September 2017 lantaran sakit yang dideritanya.

Namun, pihak keluarga dituntut RS Mitra Keluarga untuk membayar uang muka Rp19,8 juta untuk dapat dirawat di ruangan PICU setelah dilakukan perawatan medis sementara.

Nahas, orangtua Debora terkendala dengan biaya yang diminta pihak rumah sakit. Atas kendala tersebut, pihak RS Mitra Keluarga berupaya merujuk bayi Debora ke rumah sakit yang ‎memiliki akses BPJS.

Sayangnya, bayi mungil tersebut keburu mengembuskan napas terakhirnya sebelum dilarikan ke rumah sakit lainnya.‎ Dugaan pelanggaran RS Mitra Keluarga atas tewasnya Debora pun masih terus didalami oleh sejumlah pihak.

179total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *