Hari Ini, Ribuan Sopir Taksi Online Demo di Depan Istana Tolak Permenhub 108

Komunitas Pengemudi Online berencana menggelar demo di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, pada Senin (29/1/2017). Demonstrasi dilakukan guna menolak diberlakukannya Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 108 Tahun 2017 mengenai Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek.

Koordinator Forum Pengemudi Online, Aries Rinaldy mengatakan, pihaknya telah siap secara teknis dan nonteknis untuk melakukan demonstrasi menolak pemberlakuan Permenhub 108 ini.

“Kita sudah mempersiapkan secara total baik teknis maupun nonteknis,” kata Aries kepada Okezone.

Ia menyatakan, jumlah massa yang nantinya akan ikut dalam demonstrasi ini diperkirakan mencapai 5.000 sopir taksi online. “Kita melihat animo begitu besar, mungkin sampai 5000 an ya,” katanya.

Aksi demontrasi akan dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan titik kumpul di IRTI Monas dan dilanjutkan ke depan Istana Merdeka. “Kita berkumpul terlebih dahulu di IRTI Monas jam 8 pagi kemudian kita langsung bergerak ke Istana guna menyampaikan penolakan Permenhub 108,” pungkasnya.

Sekadar informasi Permenhub 108 yang ditolak para elemen pengemudi angkutan online itu merupakan hasil revisi dari aturan sebelumnya yang dibatalkan Mahkamah Agung (MA).

Setidaknya, ada sembilan regulasi dalam aturan baru itu, antara lain mengatur soal argo, penetapan tarif batas bawah dan tarif batas atas, kuota kendaraan, wilayah operasi, domisili Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang harus sesuai wilayah operasi, dan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT).

 

95total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *