Harapan Besar Ketua DPR Terhadap Pimpinan Baru BNN Dalam Perang Lawan Narkoba

Ketua DPR Bambang Soesatyopunya harapan tinggi terhadap Irjen Heru Winarko,pimpinan baru Badan Narkotika Nasional (BNN).

Mantan Deputi Penindakan di KPK itu diharapkan bisa meneruskan gebrakan-gebrakan kepala BNN sebelumnya, Komjen Budi Waseso.

“Selamat atas dilantiknya Irjen Heru Winarko sebagai Kepala BNN. Berharap agar kepala BNN yang baru untuk selalu berkomitmen, meneruskan, serta meningkatkan program-program yang telah ditetapkan sebelumnya,” ujar Bamsoet, Kamis (1/3/2018).

Selain itu, imbuh Politikus Golkar ini, sinergi antara BNN dengan instansi lain untuk membendung penyelundupan dan peredaran bisa ditingkatkan.

Mantan ketua Komisi III DPR itu meminta BNN meningkatkan kerjasama dengan Polri, TNI, Badan Intelijen Negara (BIN) dan Direktorat Jenderal Beca Cukai untuk perang melawan peredaran narkoba di tanah air.

“Guna membasmi peredaran narkotika di tanah air dan mencegah masuknya narkotika dari luar negeri dalam jumlah yang semakin mengkhawatirkan,” ujar Bamsoet.

Sebelumnya Irjen Pol. Heru Winarko berjanji akan meneruskan kebijakan pendahulunya Komjen Pol. Budi Waseso dalam memimpin Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Kita juga akan tingkatkan bagaimana pencegahan, pemberantasan, dan rehabilitasi yang sesuai undang-undang, yang menjadi beban tugas dan tanggung jawab BNN bisa dilaksanakan secara optimal,” kata Heru kepada wartawan usai dilantik sebagai Kepala BNN oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3) pagi.

Namun Lulusan Akademi Kepolisian Tahun 1985 itu mengingatkan, bahwa pemberantasan narkoba ini bukan hanya tanggung jawab BNN tapi semua pihak. Untuk itu, Heru mengharapkan bantuan semuanya, dari pemangku kepentingan, semua instansi, dan semua warga negara Indonesia.

“Narkoba adalah musuh kita bersama,” tegas Heru.

Irjen Pol Heru Winarko yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menilai, tugas barunya di BNN tidak berbeda jaug dengan di KPK.

“Saya kira itu standar dalam penegakkan hukum, di BNN dan KPK tentu tidak jauh berbeda. Di sana (BNN) ada pencegahan, di KPK juga ada pencegahan. Kita akan coba yang baik, yang bagus, yang ada di masing-masing, kita sharing,” ungkap Heru.

Sesuai Undang-Undang tentang Narkoba, Kepala BNN itu mengatakan, sudah ada aturan pencegahan, rehabilitasi, dan pemberantasan. Karena itu, ia berjanji akan mengoptimalkan. “Berjalan sinergis semuanya antara kedeputian yang ada,” ujarnya.

Sedangkan mengenai pesan dari pendahulunya di BNN, Heru mengatakan, bahwa dirinya dan Budi Waseso itu sudah kenal dari tahun 1981.

“Beliau senior saya, dan kita sama-sama sebagai anggota senat di taruna, banyak saya dapat bimbingan dan binaan dari beliau,” kata Budi seraya menambahkan, bahwa Budi Waseso telah menyampaikan kepada dirinya untuk melakukan serah terima memori pada Senin (5/3/2018) mendatang.

52total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *