Gunung Agung Meletus, Hujan Abu Selimuti Desa-Desa Sekitarnya dan Warga Kembali Mengungsi

Gunung Agung di Bali meletus sehingga mengakibatkan hujan abu menimpa desa dalam kawasan rawan bencana III seperti Desa Sebudi, Karangasem. Warga juga mulai mengungsi untuk menghindari hal terburuk.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan, Gunung Agung sore tadi mengeluarkan asap hitamdan hujan abu menimpa Desa Sebudi dan desa yang berada di KRB III.

“Mereka (warga) sudah turun dan mengungsi,” katanya, Selasa (21/11/2017).

Kepala BPBD Klungkung, Putu Widiada mengatakan, warga di KRB III yang sebelumnya sudah pulang kini kembali mengungsi karena Gunung Agung meletus.

“Sekitar pukul 19.00 Wita warga yang rumahnya berada di KRB III sudah kembali mulai mengungsi,” katanya.

Warga di antaranya mengungsi ke GOR Sweca Pura dan ke beberapa lokasi lain. “Mereka ke sini rata-rata menggunakan kendaraan sendiri,” ujarnya.

Jumlah pengungsi Gunung Agung per pukul 18.00 Wita tadi di Klungkung ada 2.958 jiwa yang terbagi dalam 33 titik.

Sementara Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi, Devi Kamil Syahbana mengatakan, Volcano Observatory Notice for Avition (VONA) Gunung Agung kembali dinaikkan menjadi oranye dari sebelumnya kuning menyusul adanya letusan.

Letusan Gunung Agung diprediksi akan mengganggu aktivitas penerbangan, karena ada potensi erupsi.

VONA berubah jadi oranye karena ada erupsi 34 menit. Abu vulkanis membumbung hingga 700 meter dari kawah ke arah‎ timur-tenggara‎.

27total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *