Gubernur Jatim Larang Penggunaan Mobil Dinas untuk Mudik

0

Gubernur Jawa Timur Soekarwo melarang penggunaan mobil dinas untuk keperluan mudik pegawai di lingkungan kerja Pemerintah Provinsi setempat dalam rangka Lebaran 2017.

“Imbauannya sama dengan aturan Pemerintah Pusat, yaitu dilarang digunakan untuk mudik,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Kamis (15/6).

Larangan ini, kata dia, sesuai instruksi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB) Asman Abnur yang melarang mobil dinas digunakan untuk keperluan mudik Lebaran.

Menpan-RB Asman Abnur telah mengeluarkan kebijakan melarang mobil dinas digunakan untuk keperluan mudik Lebaran sesuai ketentuan itu diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) No. 87/2005 tentang Pedoman Peningkatan Pelaksanaan Efisiensi, Penghematan dan Disiplin Kerja.

Mobil dinas yang tidak dipakai selama libur Lebaran 2017 ini, kata dia, diminta agar dikumpulkan di kantor organisasi perangkat daerah (OPD) masing-masing, termasuk di lingkungan kantor Setdaprov Jatim di Jalan Pahlawan Surabaya.

“Khawatirnya jika dibawa pulang, jauh dari pengawasan. Karena itu harus ada yang mengawasinya,” kata Pakde Karwo, sapaan akrabnya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut mengatakan jika masih ada ASN yang menggunakan mobil dinas untuk mudik maka akan diberikan sanksi.

Sementara itu, sesuai aturan di Kemenpan-RB pegawai yang menggunakan kendaraan dinas untuk mudik tanpa izin akan diberikan sanksi sebagaiana diatur PP Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

222total visits,1visits today

Share.

About Author

Leave A Reply