Golkar Usung Khofifah, Demokrat dan PAN Belum Memutuskan

Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Partai Golkar Roem Kono mengatakan, sejak awal partainya mengusung Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur Jawa Timur 2018.

Menurut Roem, partainya bahkan sudah menanyakan langsung kepada Presiden Joko Widodo apakah mengizinkan Khofifah maju sebagai gubernur Jatim atau tidak.

“Presiden welcome, ya kami harus dukung. Kami mengusung loh bukan mendukung,” kata Roem di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Dia menjelaskan, Partai Golkar sudah lebih dulu menghubungi Khofifah sebelum partai-partai lain mengontak ketua umum Muslimat Nahdatul Ulama itu.

“Sejak awal kami memang Khofifah. Saya kira partai lain belum menghubungi Khofifah, kami sudah menghubungi,” ungkap wakil ketua Komisi IV DPR itu.

Menurut dia, sampai sejauh ini proses untuk berkoalisi mengusung Khofifah dengan partai politik lain masih terus berjalan. Selain itu, Khofifah juga terus mendaftar kepada partai politik lain.

“Saya kira proses rekrutmen politik berjalan dan pada akhirnya kita tahu sendiri siapa, partai mana saja mendukung Khofifah,” ungkapnya.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto menuturkan, sampai saat ini partainya masih dalam tahap pendekatan dan koordinasi dengan partai politik lain untuk mengusung calon. Saat ini, kata dia, belum ada rekomendasi apa pun dari partai terhadap siapa pun calon yang akan diusung.

“Saat ini rekomendasi belum turun sehingga sesuatu yang wajar dilakukan pendekatan-pendekatan dan koordinasi-koordinasi,” kata dia di gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/10).

Agus mengatakan, setiap hari Majelis Tinggi Partai Demokrat setiap hari juga terus membicarakan persoalan pilkada. Tidak hanya Jatim, tapi juga Jawa Barat maupun Jawa Tengah dan lainnya.

“Nanti Majelis Tinggi menetapkan, yang pasti sesuai dengan rule of game dari Partai Demokrat,” tegasnya.

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan mengatakan, partainya belum memutuskan mengusung siapa pun termasuk Khofifah di pemilihan gubernur Jatim. Menurut Taufik, saat ini DPP PAN tengah melakukan pembahasan.

“DPP sedang membahas kaitan dengan format-format partai, dicek lebih dulu bagaimana popularitasnya, komitmennya. Jadi, belum ada keputusan,” kata Taufik di gedung DPR, Jakarta, Selasa (3/10).

182total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *