Freeport Kerahkan Helikopter Evakuasi Korban Pesawat AMA

Helikopter Airvast milik PT Freeport Indonesia (PTFI) membantu evakuasi lima korban yang berada di dalam pesawat milik Assosiation Mission Aviation (AMA) jenis Pilatus Portes dengan nomor registrasi PK – RCX. Pesawat itu ditemukan pada ketinggian 8500 kaki.

Lebih dari 10 personel terlibat dalam proses evakuasi. Lima di antaranya berasal dari tim Airfast PTFI, kemudian empat orang dari SAR, dan dibantu oleh masyarakat setempat.

Kepala SAR Jayapura, Melkianus Kotta, menyebutkan lokasi ditemukannya pesawat diketahui sesuai dengan koordinat S 04 10. 75 E 138 51.45 atau sekitar 8 km dari Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya.

“Cuaca di Wamena berawan dan di lokasi ditemukannya pesawat saat ini sedang berkabut. Namun, kami tetap berusaha melakukan evakuasi,” kata Melkianus, Kamis (6/7/2017).

Rencananya, pesawat milik AMA juga akan membantu proses evakuasi ini, setelah helikopter PTFI menerjunkan pasukan ke lokasi penemuan pesawat.

“Proses pendropingan pasukan dilakukan dengan peluncur yang menggunakan alat. Kami belum dapat mengetahui kondisi pesawat, apakah hancur atau tidak,” ujarnya.

Informasi dari masyarakat setempat, pesawat berbadan kecil itu jatuh di sebelah kiri Gunung Napua dekat Kampung Walaik, Kabuaten Jayawijaya.

Pesawat AMA nomor registrasi PK-RCX hilang kontak 8 menit setelah lepas landas dari Bandar Udara Wamena. Pesawat yang membawa tiga orang penumpang, terbang dari Wamena sekitar pukul 11.08 WIT, seharusnya tiba di Darakma sekitar pukul 11.30 WIT.

178total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *