Flyover Pancoran Resmi Dibuka untuk Pengguna Jalan

Flyover Pancoran, Jakarta Selatan, mulai dibuka hari ini, Senin (15/1/2018). Para pengguna jalan bisa melintasi jembatan layang tersebut tepat pukul 06.17 WIB.

Pantauan Liputan6.com, pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan atau Dishub tampak berjaga di jalur awal masuk flyover. Lokasinya di sisi jalan arah Pancoran ke Semanggi, yang berada tak jauh dari Gedung BNP2TKI.

Petugas kepolisian pun terdengar memberikan pemberitahuan jika flyover Pancoran sudah mulai dioperasikan.

“Bagi pengendara baik roda dua atau roda empat yang akan menuju Kuningan atau Semanggi silakan melewati layang Pancoran, layang Pancoran sudah dibuka,” kata pengeras suara yang terdengar di lokasi.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, jalan layang Pancoran akan bisa dilalui warga mulai Senin 15 Januari 2018, pada pukul 06.00 WIB.

“Besok kita berkoordinasi dengan teman-teman Dirlantas dan Dishub, Pak Andri Yansyah. Tadi sudah konsultasi sama Pak Sekda juga. Kita akan buka insyaallah jam 06.00 (WIB),” ujar Sandiaga usai meninjau proses akhir penyelesaian jalan layang Pancoran, Minggu 14 Januari 2018.

Mundur dari Target

Penyelesaian pembangunan jembatan layang (flyover) Pancoran, Jakarta Selatan, mundur dari target semula, yaitu 31 Desember 2017.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ditemani oleh Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Yusmada Faizal dan Kepala Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo meninjau langsung kondisi flyover Pancoran, Sabtu 30 Desember 2017.

Hasilnya, pengerjaan badan flyover sudah tersambung tapi belum selesai. Pagar dan lampu menjadi salah satu aspek yang belum rampung terpasang.

Sandiaga pun meminta maaf karena keterlambatan ini. Dia menjadikan keterlambatan pengerjaan flyover Pancoran sebagai pembelajaran bagi proyek-proyek pada masa mendatang.

“Saya sebagai wakil Pemprov DKI Jakarta meminta maaf karena tidak tepat waktu, ini di luar kuasa kita. Ini jadi pelajaran kita juga, kan masih ada (proyek underpass) Kartini, Mampang dan Kuningan, jamgan sampai tertunda,” ucap Sandiaga di Lokasi pembangunan flyover Pancoran, Jakarta Selatan.

Selain persoalan lampu dan pagar yang belum rampung terpasang, kondisi cuaca ekstrem dan sedikit kerusakan di struktur membuat molornya penyelesaian proyek flyover Pancoran.

“Karena kondisi cuaca ekstrem dan adanya sedikit kerusakan di struktur bangunan, jadi harus diulang lagi, dilakukan perbaikan, jadi ketunda (penyelesaiannya) 2 minggu,” tegas Sandiaga Uno.

118total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *