Fadli Zon Nilai Kenaikan Dana Parpol Cegah Perilaku Korup

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mendukung wacana kenaikan dana partai politik hingga 10 kali lipat dari Rp108 menjadi Rp1.080 per suara. Bahkan, ia mendorong kenaikan menjadi hingga Rp5.000 per suara.

Bagi dia, kenaikan bantuan dana parpol bisa digunakan untuk pendidikan demokrasi di Indonesia.

“Parpol itu pilar yang penting. Parpol itu tidak boleh berusaha, tidak boleh punya perkebunan, tidak boleh punya bengkel, lalu membiayai dari mana demokrasi ini?” kata Fadli kepada wartawan, Kamis, 6 Juli 2017.

Karena itu, menurutnya, seharusnya memang ada kenaikan yang signifikan. Apalagi partai mengurus parpol dari pusat sampai ke tingkat yang bawah yang melibatkan jutaan masyarakat.

“Ya harusnya bisa Rp5 ribu kalau cuma segitu ya tanggung. Supaya kita juga mengurangi usaha pencarian-pencarian dana ke yang lain. Itu salah satu cara untuk mematangkan demokrasi,” lanjut Waketum DPP Gerindra itu.

Ia meyakini tak akan ada korupsi terkait partai politik dengan adanya kenaikan dana tersebut. Pendanaan partai ini juga dibandingkan dengan negara lain seperti Meksiko yang malah menganggarkan sampai di kisaran US$200 juta per tahun

“Jadi biaya listrik sekretariat kan butuh biaya sehingga ini harus dipikirkan jangan hal strategis ini tidak dimasukkan termasuk pendidikan politik, kaderisasi, pelatihan dan lainnya itu bagian pendidikan demokrasi juga,” kata Fadli.

135total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *