Fadli Zon Anggap Wajar Elektabilitas Jokowi Ungguli Prabowo

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, menilai wajar elektabilitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih unggul di atas Prabowo Subianto, Ketua Umum sekaligus Ketua Dewan Pembina Gerindra yang digadang akan maju lagi sebagai calon presiden di pemilu 2019.

Ya wajar lah. Wajar seorang petahana elektabilitasnya di atas bakal calon,” kata Fadli Zon, Selasa (2/11).

Menurutnya, kondisi Jokowi tak bisa dibanding apple to apple dengan Prabowo yang belum pernah menjabat presiden. Apalagi, kata dia, saat ini belum masuk tahapan pencalonan resmi. Fadli menyatakan, seorang petahana bisa melakukan kampanye politik terstruktur melalui program pemerintahan sehari-hari. Misalnya, kata dia, meresmikan proyek hingga baju yang dipakai, bisa menjadi perhatian semua media massa.

“Itu kan structural political campaign, tidak bisa dibandingkan dengan mereka yang mau jadi bakal calon,” kata Fadli Zon.

Fadli sendiri meyakini, peta elektabilitas akan berubah bila Prabowo sudah dicalonkan secara resmi. Misalnya, ditetapkan dua orang calon presiden antara Jokowi melawan Prabowo, maka posisinya tentu akan berbeda. Atau jika ada lebih banyak calon presiden lagi, menurut dia, hasil pemetaan elektabilitas tentu akan berbeda lagi.

“Kalau sekarang ini, elektabilitas belum ada maknanya karena membandingkan petahana dengan yang belum jelas menjadi calon,” tandasnya.

96total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *