Dubes RI untuk Malaysia: Moratorium TKI Itu Harus!

Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana nampaknya makin serius untuk melakukan moratorium pengiriman tenaga kerja (TKI) ke Malaysia. Dia menegaskan, moratorium dilakukan demi kebaikan dan kesejahteraan TKI di Malaysia.

Rusdi menjelaskan, selama moratorium dilakukan, sistem TKI di Malaysia akan diperbaiki secara total. Mulai dari penyaluran agen hingga pelatihan TKI.

“Moratorium (TKI) itu harus, ditutup dulu gerbangnya di benerin dulu bocornya, tapi moratorium tidak selamanya hanya temporary,” kata dia di Miri Malaysia, Jumat (16/3/2018).

Bos Lion Group ini menuturkan, permasalahan moratorium TKI sangat erat kaitannya dengan masalah kemanusiaan. Diharapkan, dengan moratorium bisa membenahi sistem dan tidak ada lagi penganiayaan atau kekerasan terhadap TKI.

Sebagaimana diketahui, TKI di Malaysia kerap mendapatkan kasus penganiyaan oleh majikan, gaji dipotong terlalu besar oleh agen hingga tenaga kerja yang masuk secara ilegal. Rusdi berharap moratorium bisa menekan dan mengurangi kasus seperti itu.

“Kalau kita punya keluarga digituin (penganiayaan) gimana, ini kan juga bisa merusak hubungan kedua negara makanya dibenerin dulu (sistemnya), majikan harus beradap, gak ada pemotongan gaji,” imbuh Rusdi.

Hanya saja, Rusdi belum bisa memastikan kapan moratorium dimulai dan berapa lama akan dilakukan. Dia mengatakan, lamanya moratorium sangat bergantung dengan perbaikan sistem TKI itu sendiri.

“Misal moratorium dimulai tanggal 1 bulan 1, lalu kita lakukan selama enam bulan, nanti dilihat hasilnya gimana, kalau baik ya kita buka gerbangnya (moratorium dicabut) jadi tergantung itu,” tukasnya.

46total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *