DPR Menilai Pembatalan Mutasi 16 Pati TNI untuk Kebutuhan Karier Prajurit

Wakil Ketua Komisi I DPR RI Ahmad Hanafi Rais menilai keputusan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang membatalkan mutasi 16 perwira tinggi (pati) pengajuan panglima sebelumnya yakni Jenderal Gatot Nurmantyo sebagai langkah seorang pemimpin dalam melakukan penyegaran di dalam tubuh organisasinya. Bahkan, ia mengangap Marsekal Hadi sebagai pemimpin bijak yang ingin melihat karier anak buahnya menanjak.

“Saya yakin karena kebutuhan organisasi dan karier para prajuritnya,” kata Hanafi saat berbincang dengan¬†Okezone, Jumat (22/12/2017).

Ia melanjutkan, perombakan struktur di dalam sebuah organisasi merupakan hal wajar dan tidak perlu diributkan. Sebab, seorang pemimpin pasti mengetahui kualitas anak buahnya untuk ditempatkan di pos jabatan yang sesuai kompetensi.

“Kami melihat Pak Hadi punya komitmen untuk menjaga profesionalisme TNI,” imbuh Hanafi.

Oleh karena itu, ia menilai masalah tersebut tidak perlu menjadi polemik dan diperdebatkan lagi serta jangan juga mengadu-adu antara panglima baru dengan yang lama. Sebab, Panglima mengetahui apa yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan roda organisasi TNI secara optimal.

“Jadi saya kira kita masyarakat sipil ini menyerahkan saja kepada Panglima TNI yang baru supaya tidak gaduh,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membatalkan atau menganulir keputusan pendahulunya yakni Jenderal Gatot Nurmantyo yang memutasi sejumlah perwira tinggi (pati).

Pembatalan mutasi sejumlah pati itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982.a/XII/2017 yang ditetapkan 19 Desember 2019. Penganuliran dilakukan terhadap 16 pati dari total 85 pati yang sebelumnya dirotasi Jenderal Gatot.

Ketika dikonfirmasi mengenai penganuliran mutasi tersebut, Rabu 20 Desember 2017, Marsekal Hadi menjelaskan bahwa untuk mengemban amanah sebagai Panglima TNI dirinya telah melakukan evaluasi berkesinambungan terhadap sumber daya manusia untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan tantangan tugas TNI ke depannya.

105total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *