Dishub DKI Libatkan 800 Personel Amankan Malam Tahun Baru

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan 800 personelnya untuk mengamankan lalu lintas pada pergantian malam Tahun Baru 2018, Minggu 31 Desember 2017.

Mereka akan khusus bertugas di sekitar kawasan Jalan Thamrin sampai Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas). Selain menyiapkan petugas-petugas Dishub, nanti juga akan disiapkan 12 mobil derek Dishub yang akan ditempatkan di kawasan Jalan Merdeka Barat sampai Jalan Sudirman.

“Personel untuk giat tahun baru ini ada 800 personel yang akan kita libatkan. Total semua 800 karena termasuk tim derek dan sebagainya. Hanya untuk dukung kegiatan masyarakat di sekitar kawasan Thamrin sampai silang Monas, 800 personel kita siapkan,” ujar Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko, Jakarta Pusat, Rabu (27/12 /2017).

Sigit menjelaskan, jumlah personel petugas Dishub yang nanti akan ditugaskan merupakan penambahan jumlah dari tahun sebelumnya. Karena khusus di tahun ini, pusat kegiatan warga Jakarta di malam Tahun Baru akan berada di sekitar kawasan Monas.

“Otomatis (ditambah) karena tahun lalu lebih tersentralisasi di kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Itu kan area tertutup sehingga kita cuma konsentrasi pengaturan parkir dan akses. Sementara ini kan kawasan Monas. Tentunya tidak hanya bicara di sekitar kawasan Monas tapi juga akses-aksesnya,” ucap Sigit.

Sigit mengatakan, pihaknya juga akan melakukan rekayasa lalu lintas secara situasional di hari H.

“Kita juga melalukan rekayasa lalin (lalu lintas) sesuai dengan eskalasi keadaan. Kalaupun ada pengalihan dan penutupan,tentunya berjenjang, tidak hanya berada di kawasan sekitar Monas tapi bisa lebih jauh ya. Utamanya akses-akses yang ke kawasan tersebut,” tutur Sigit.

Transjakarta Tetap Beroperasi

Layanan Bus Transjakarta tetap beroperasi pada saat gelaran car free night di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat atau pada malam pergantian Tahun Baru 2018.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, layanan Bus Transjakarta tidak akan terganggu dengan adanya perayaan malam tahun baru di kawasan itu.

“Yang pasti layanan Transjakarta tidak boleh terganggu atau terhambat,” ucap Sigit di sela-sela Technical Floor Game dalam rangka Pergantian Malam Tahun Baru 2018″ di Gedung Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Cideng, Jakarta Pusat, Rabu (27/12 /2017).

Kantong Parkir

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, kata Sigit, juga akan menyiapkan kantong-kantong parkir di kawasan Jalan Cengkeh, Kota Tua, Jakarta Barat, dan kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Masyarakat diimbau untuk memarkirkan kendaraan mereka di dua kantong parkir itu dan lanjut naik Bus Transjakarta jika ingin merayakan malam tahun baru di kawasan Jalan MH Thamrin dan Monumen Nasional atau Monas.

“Tetap opsi pertama kita layanan Transjakarta harus bisa berjalan karena kantong-kantong parkir yang disiapkan tentunya di kawasan Blok M dan jalan Cengkeh di Kota Tua. Ini untuk memastikan Transjakarta tetap beroperasi,” kata Sigit.

 

113total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *