Di Hadapan Ketua MUI, DPR Jamin Tolak LGBT

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo menemui Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Maruf Amin di Gedung MUI Pegangsaan, Jakarta Pusat, Selasa (6/2).

Pertemuan sekaligus membahas sejumlah isu krusial terkait Rancangan Undang-undang Kitab Umum Hukum Pidana (RUU KUHP), khususnya mengenai yang berkaitan dengan larangan agama.

“RUU KUHP sangat penting bagi penyelenggaraan negara hukum berdasarkan Pancasila. UU KUHP yang berlaku selama ini adalah peninggalan hukum kolonial Belanda, sebagian besar materinya tidak sesuai dengan kehidupan,” kata mantan Ketua Komisi III itu.

Ketua DPR yang akrab disapa Bamsoet ini juga menuturkan, dalam pertemuan itu setidaknya ada beberapa isu dalam RUU KUHP yang dibahas. Di antaranya yaitu LGBT, penistaan agama dan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), serta perzinahan.

Seperti halnya yang telah dikemukakan dalam berbagai kesempatan, Bamsoet menjamin seluruh fraksi di DPR menolak adanya LGBT. Pemidanaan terhadap pelaku LGBT dipastikannya tengah dibahas dalam RUU KUHP di DPR.

“Terkait LGBT tertuang dalam tindak pidana perbuatan cabul sesama jenis yang diatur dalam Pasal 495 RUU KUHP. Ancaman hukumannya lebih berat dari pengaturan dalam KUHP, dari paling lama lima tahun menjadi sembilan tahun,” ungkapnya.

Begitu juga dengan penistaan agama, perzinahan dan KDRT. Dikatakan Bamsoet, hukumannya sudah terangkum dengan jelas dalam RUU KUHP.

“Kita tidak memberikan ruang bagi LGBT, perzinahan, penistaan agama, maupun KDRT. Bangsa kita adalah bangsa yang berbudaya dan bermoral. Kita punya nilai-nilai luhur dari ajaran budaya dan agama,” ucap Bamsoet.

Penolakan tegas terhadap LGBT sebelumnya juga telah disampaikan MUI pascarapat pleno akhir bulan lalu. MUI mendesak DPR dan pemerintah membuat UU selaku hukum positif dengan tidak mengabaikan UUD 45 dan Pancasila karena semua agama melarang LGBT.

Hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua Umum MUI KH Maruf Amin, Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi, Wakil Ketua Umum MUI  Yunhar Ilyas, Sekjen MUI Anwar Abbas. Sedangkan Bamsoet datang didampingi anggota Komisi III DPR Arsul Sani dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR Noor Achmad.

55total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *