Deretan Gaya Busana Nyentrik Jokowi yang Memukau Perhatian Publik

Presiden Joko Widodo seringkali membuat masyarakatnya keheranan. Pasalnya sebagai seorang figur yang disoroti dalam berbagai sisi, Presiden Republik Indonesia ketujuh ini kerap tampil dengan gaya busana yang terbilang nyentrik bagi seorang pemimpin dalam beberapa kunjungan kerjanya.

Busana santai ala Jokowi, memang sudah terlihat sejak dirinya masih menjadi orang nomor satu di ibukota. Kemeja putih lengan panjang dan celana hitam sangat melekat dengan sosoknya yang sederhana. Tak hanya itu, terkadang gaya pakaian kasual Jokowi menjadi tren tersendiri di kalangan remaja. Seperti saat dirinya mengenakan jaket bomber ketika konferensi pers di Istana Negara. Seketika publik geger mencari model jaket yang sama untuk ditiru.

Tak hanya dalam negeri, Jokowi juga membawa gaya nyentrik itu pada kunjungannya ke negara lain. Teranyar, pada kunjungan kerja Jokowi ke Selandia Baru, dirinya juga tampak berpakaian kasual ditemani oleh sang istri, Iriana. Alih-alih memakai setelan formil layaknya petinggi negara lain, Jokowi terlihat santai menggunakan pakaian olahraga dan berjalan bersama sebagian pelajar asal Indonesia. Hal ini jelas mengikis jarak antara Presiden RI itu dengan para pelajar. Mereka bisa leluasa bercengkrama bahkan sesekali bergurau pada mantan walikota tersebut.

Namun ternyata di beberapa kegiatan kenegaraan lainnya, Jokowi juga acapkali tampil santai jika dibandingkan dengan gaya para ajudannya. Berikut ini sederet busana Jokowi yang menyita perhatian:

1. Jaket Bomber di Konferensi Pers Aksi 411

Aksi 411 yang berlangsung cukup ricuh meninggalkan banyak cerita, salah satunya yaitu gaya busana yang dikenakan Jokowi. Orang nomor satu di Indonesia tersebut mengenakan Jaket Bomber yang begitu menyita perhatian publik lantaran membuat penampilannya begitu berbeda dan terllihat muda.

Saat gelaran jumpa pers pada 4 November 2016 itu, Jokowi terlihat menutupi kemeja putihnya dengan jaket bomber berwarna hijau army. Penampilan Jokowi yang stylish dan kekinian itu banyak ditiru kalangan anak muda sehingga penjualan Jaket bomber ala Jokowi pun laris di pasaran.

Belakangan diketahui, jaket bomber hijau itu merupakan milik anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep. Karena terburu-buru menuju Istana, Jokowi langsung mengambil jaket yang ada di dekatnya tanpa melihat modelnya seperti apa.

2. Sandal Selop, Sarung dan Jas Saat Kunjungan Kerja

Pada 8 Januari 2017, penampilan Jokowi kembali menarik perhatian. Pasalnya mantan Walikota Solo itu mengenakan kain sarung ala santri bukan dengan kaos atau kemeja, tetapi dipadupadankan dengan jas. Selain itu Jokowi juga dengan santai menggunakan sandal selop untuk melengkapi penampilannya.

Sebenarnya hal itu merupakan sesuatu yang biasa saat akan menghadiri acara keagamaan. Saat itu diketahui bahwa Jokowi akan menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Semarang, Jawa Tengah. Namun apa yang Jokowi lakukan berbeda. Dia mengenakan sarung sejak turun dari mobil dan di dalam pesawat Kepresidenan.

Ia bahkan menerima penghormatan dari para awak pesawat Kepresidenan dengan penampilan yang nyentrik itu.

3. Jaket Army

Berbeda dengan jaket bomber yang dikenakan Jokowi sebelumnya, penampilan nyentriknya kembali terlihat saat Presiden RI itu menggunakan jaket model baru bercorak army dengan celana jeans. Jaket tersebut terlihat layaknya jaket hoodie yang biasa dipakai anak muda zaman sekarang. Gaya nyentrik itu dipakai Jokowi saat menyusuri Jalan Trans Papua menggunakan motor trail beberapa waktu lalu.

Selain itu dalam kunjungan kerja ke Natuna , Kepulauan Riau, Jokowi juga mengenakan jaket yang sama dalam kegiatannya tersebut.

4. Celana Jeans dan Sepatu Kets

Penampilan Jokowi pada kunjungan kerja ke Tasikmalaya juga menjadi buah bibir. Saat itu Jokowi terlihat santai mengenakan kemeja putih, celana jins biru, dan sepatu kets abu-abu. Bukan tanpa alasan, Jokowi merasa dengan busana yang dikenakannya itu dirinya bisa lebih cepat bergerak dan secara otomatis pekerjaan dapat cepat selesai.

Menurut penuturan Jokowi, sepatu yang dikenakannya tersebut dipilihkan oleh sang istri Iriana dan sang bungsu Kaesang. Bahkan, Kaesang juga punya sepatu yang serupa hanya berbeda warna dengan Jokowi.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung menyebutkan, jika gaya pakaian santai Jokowi ini merupakan bagian dari cara Presiden untuk menghilangkan kesan angker yang biasa melekat di benak masyarakat.

5. Kaus Santai

Saat meresmikan kereta bandara di Jakarta, Selasa 2 Januari 2018, Jokowi tampil dengan mengenakan kaus merah marun panjang yang dilengkapi kantung di salah satu sisi, celana jins, serta sneakers berwarna merah. Tak sedikit pun masyarakat yang membandingkan gaya berpakaian Jokowi mirip dengan pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

Meski presiden tampil kasual namun pemandangan berbeda terlihat pada para menteri yang mendampinginya. Mereka (para menteri) berpakaian formal dengan mengenakan batik yang dilengkapi dengan pantofel. Gaya busana Jokowi tersebut lagi-lagi membuat dirinya terlihat jauh lebih muda dan menampilkan sisi sederhananya.

6. Pakaian Olahraga

Dalam kunjungan kerja terbarunya Senin, 19 Maret 2018, Jokowi memulai kegiatannya tersebut dengan berjalan kaki bersama sejumlah pelajar dan mahasiswa Indonesia di sekitar Water Front, Selandia Baru. Pada kegiatan tersebut, tak nampak jarak antara orang nomor satu itu dengan para pelajar dan mahasiswa yang berjalan bersamanya. Hal itu ditenggarai dengan penampilan Jokowi yang santai bahkan terlihat menyesuaikan dengan para remaja itu.

Jokowi mengenakan kaos berwarna putih yang dilengkapi dengan jaket berwarna merah. Selain itu dia juga padankan penampilannya dengan penggunaan celana hitam dan sneakers berwarna abu-abu.

Tentunya ini bukan kali pertama Jokowi berpenampilan nyentrik di tengah kegiatan kepresidenan. Tak heran, jika gaya busana yang dikenakan pria asal Solo itu pun seringkali menarik perhatian warga dan menjadi viral di kalangan media sosial.

69total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *