Demokrat Buka Pendaftaran Serentak untuk Pilgub-Pilbup

0

Awal Agustus mendatang, DPD Partai Demokratakan membuka pendaftaran secara serentak untuk pemilihan gubernur (Pilgub) dan pemilihan bupati (Pilbup) di 10 kabupaten.

Sekretaris DPD Demokrat NTT, Ferdinandus Leu mengemukakan hal itu ketika dikonfirmasi terkait pembukaan pendaftaran oleh Partai Demokrat, Selasa (11/7).

Menurutnya, pembukaan pendaftaran akan diawali dengan launching Pilkada serentak, Pilgub dan Pilbup dihadiri utusan DPP, pengurus DPD dan tim penjaringan Pilkada kabupaten/kota, juga ketua dan sekretaris DPC Semokrat seluruh NTT.

“Kami awali dengan launching, setelah itu semua bisa membuka pendaftaran baik di DPD maupun DPC kabupaten yang menggelar Pilbup,” terang dia.

Disebutkan Leu, tim penjaringan sudah dibentuk DPD Demokrat NTT untuk Pilgub NTT. Hal yang sama juga dilakukan DPC 10 kabupaten yang ada.

“Tim penjaringan di masing-masing tingkatan sudah dibentuk. Dibentuknya tim tersebut untuk mempermudah proses pendaftaran,” ungkap Leu.

Pada 8 Juli lalu, DPD Demokrat telah menggelar Rapat Koodinasi (Rakor) Tim Penjaringan DPC dan DPD. Rakor tersebut dimaksudkan agar semua bisa mengetahui Tupoksi masing-masing. Sehingga dalam pendaftaran nanti semua bisa berjalan lancar. Tidak saja itu, dalam Rakor itu dibahas berbagai macam format yang disiapkan untuk diberikan kepada para Balon yang mengambil formulir pendaftaran.

“Rakor sudah kita jalankan. Semua sudah tahu tugas masing-masing,” ujar pria asli Lembata itu.

Setelah pendaftaran, pihaknya akan melakukan proses verifikasi dokumen. Kemudian, semua nama dan dokumen akan dikirim ke DPP Demokratkhusus untuk Balon Gubernur dan Wakil Gubernur NTT. Sementara DPC kabupaten, mengirim ke DPD untuk diproses lebih lanjut dan kemudian diserahkan ke DPP.

Terpisah, Sekretaris PDIP NTT, Nelson Matara kepada Timor Express (Jawa Pos Group) di kantor DPRD NTT mengemukakan, DPD segera menggelar rapat pekan untuk melihat dan membahas dokumen para calon yang telah mendaftar. Pihaknya dalam rapat itu akan melihat apa saja kekurangan berkas yang perlu dan segera dimasukan.

Setelah rapat DPD, jelas Wakil Ketua DPRD NTT itu, pihaknya akan memanggil para Balon ke DPD PDIP untuk menyampaikan kekurangan dokumen yang perlu dipenuhi.

“Kalau ada dokumen yang kurang, kita akan panggil para Balon untuk segera penuhi dan lengkapi,” ujarnya.

Sebelumnya Nelson mengatakan, pihaknya memberi waktu dua minggu kepada bakal calon untuk melengkapi berkas yang belum lengkap.

Rapat DPD PDIP NTT akan digelar Selasa atau Rabu pekan depan. “Kalau tidak ada hambatan, kita rapat Selasa atau Rabu pekan depan,” sebut Nelson.

Jika semua dokumen telah dilengkapi maka DPD PDIP NTT akan menyerahkan ke DPP PDIP. Selanjutnya, DPP akan menggelar survei untuk melihat popularitas juga elektabilitas para Balon.

“Survei akan digelar setelah setelah semua berkas pendaftaran dikirim ke DPP. Kita akan percepat itu,” tuntasnya.

110total visits,1visits today

Share.

About Author

Leave A Reply