Turunkan Kolesterolmu dengan Daun Salam

BANGNAPI.COM, Jakarta – Siapa sih yang nggak kenal daun salam? Daun yang satu ini biasanya ditambahkan ke dalam masakan sebagai bahan penyedap agar makanan agar lebih nikmat.

Tapi, tahukah kamu daun salam ternyata bermanfaat bagi kesehatan. Yap, salah satunya adalah dapat mengatasi kolesterol lho!

Daun salam memiliki kandungan aktif seperti flavonoid, tannin dan saponin. Salah satu kandungan flavonoid yang ada di daun salam adalah quercetin. Senyawa ini adalah antioksidan kuat yang dapat mencegah oksidasi LDL (Low Density Lipoprotein) atau lipoprotein berdensitas rendah. LDL atau yang dikenal dengan kolesterol jahat ini mudah melekat pada pembuluh darah yang mengakibatkan penumpukan lemak dan tentunya menyumbat pembuluh darah.

Senyawa tanin yang terdapat pada daun salam juga bermanfaat sebagai antioksidan. Tanin berfungsi untuk menekan penyerapan lemak di dalam tubuh. Selain itu, daun salam juga mengandung senyawa saponin yang berfungsi untuk mengikat kolesterol dengan asam empedu. Sehingga, dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Cara mengolah daun salam sebagai obat untuk mengurangi kolesterol ternyata sangat mudah yaitu cukup dengan perebusan. Siapkan 10 lembar daun salam yang masih segar dan bersih. Lalu rebus daun menggunakan air sebanyak 3 gelas. Rebus daun tersebut sampai tersisa airnya kurang lebih satu gelas. Minum rebusan air daun salam ini 2 kali sehari.

Untuk mengurangi kolesterol tentunya tidak cukup hanya dengan meminum air rebusan daun salam saja. Kamu juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat. Seperti olahraga teratur dan makan yang bergizi seimbang.

655total visits,3visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *