Dasar Pelaporan Tak Jelas, Ini Alasan Kenapa Jaksa Yulianto Harus Cabut Laporan SMS Hary Tanoe

0

Pakar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing meminta Jaksa Yulianto mencabut laporannya terhadap Ketua Umum (Ketum) Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo. Menurut Emrus, dasar pelaporan Yulianto tidak beralasan.

Yulianto yang mengaku terancam dengan pesan singkat yang dikirimkan Hary Tanoe kepadanya, kemudian melaporkan Hary Tanoe. Melalui kajian terhadap pesan yang ditulis Hary Tanoe, Emrus menyatakan tidak ada unsur ancaman dalam pesan singkat yang dikirimkan Hary Tanoe.

“Saya tidak menemukan adanya makna ancaman. Oleh karena itu, saudara jaksa sebaiknya menarik pengaduannya itu, karena tidak ada saya melihat untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat,” jelas Emrus kepada Okezone, Kamis (29/6/2017).

Lebih lanjut, Emrus mengaku mencium kuatnya aroma politik dalam kasus pelaporan Hary Tanoe. Upaya menggembosi Hary Tanoe sebagai tokoh dan Perindo sebagai partai politik sangat kentara.

“Kenyataan di lapangan kita melihat ada aparat-aparat hukum yang memanfaatkan kekuasaannya. Artinya oknum-oknum di kejaksaan bisa saja memanfaatkan wewenang yang dimilikinya,” lanjut Emrus.

Untuk itu, Emrus meminta masyarakat melihat secara cermat adanya alasan dibalik pelaporan Jaksa Yulianto terhadap SMS yang dikirimkan kepada Hary Tanoe.

“Saya menyarankan supaya masyarakat skeptis, tidak mudah percaya kepada para pemain-pemain, termasuk aparat hukum karena tidak tertutup kemungkinan oknum aparat hukum memanfaatkan kekuasaan,” ungkap Emrus.

Dia melanjutkan, dengan realita praktik hukum seperti sekarang ini, kecurigaan terhadap oknum penegak hukum menjadi hal yang lumrah. Sebab seringkali, untuk kepentingan kelompok tertentu, seorang oknum penegak hukum bisa menggadaikan wewenangnya.

“Kenyataan di lapangan kita melihat ada aparat-aparat hukum yang memanfaatkan kekuasaannya. Artinya oknum-oknum di kejaksaan bisa saja memanfaatkan wewenang yang dimilikinya,” lanjut Emrus.

146total visits,1visits today

Share.

About Author

Leave A Reply